Rehabilitasi Narkoba

Sekitar 6 juta penduduk Indonesia menjadi pengguna narkoba. Kurang lebih 10% diantaranya,  berminat untuk berhenti mengkonsumsi NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Artinya, sekitar 600 000 penduduk Indonesia memerlukan bantuan rehabilitasi narkoba. Sayangnya, belum banyak organisasi atau lembaga yang memberikan pendampingan terhadap mereka, bisa diakses dengan mudah dan dengan biaya terjangkau.  Tirto Jiwo, kini hadir sebagai salah satu panti rehabilitasi narkoba di Indonesia.

Proses kecanduan

Narkotika dan alkohol serta obat terlarang lainnya, jika dipergunakan dalam waktu lama dan dalam dosis yang cukup tinggi,  akan secara perlahan mengubah jaringan otak. Alkohol dan narkotika menyebabkan otak dan tubuh selalu membutuhkan zat tersebut. Kebutuhan  tubuh akan alkohol atau narkotika akan makin lama semakin meningkat karena untuk menghasilkan efek yang sama, dosis alkohol maupun narkotika harus selalu dinaikkan. Itulah kenapa kecanduan akan dua hal tersebut disebut oleh para dokter sebagai penyakit otak.

Dalam proses pemulihan dari kecanduan, langkah pertama adalah yang paling sulit dan berat. Langkah pertama tersebut adalah menyadari bahwa ada suatu masalah pada diri sendiri dan  diperlukan perubahan agar masalah tersebut dapat teratasi. Menyadari bahwa penggunaan obat terlarang sudah dalam tahap merusak kesehatan tubuh, mengganggu hubungan sosial dengan keluarga dan teman, mengganggu pekerjaan atau sekolah.

Metode Pendampingan Yang Terbukti Efektif

Pengguna narkoba bisa pulih dan kembali hidup produktif di masyarakat. National Institute on Drug Abuse, Amerika secara resmi memberi pernyataan seperti itu. Kami di Tirto Jiwo menggunakan metode pendampingan seperti yang digunakan di Amerika, Inggris dan negara negara maju lainnya.

Untuk konsultasi secara online, silahkan unduh (download) aplikasi Jasa Sehat dari Play Store. Versi IOS menyusul.

Tirto Jiwo hadir untuk mendamping kalian yang ingin agar terbebas dari kecanduan, baik alkohol, narkotika maupun zat adiktif lainnya.

Pada tahap detoksifikasi, bila diperlukan, kami akan bekerjasama dengan psikiater yang bertugas  di RSUD Tjitro Wardojo, Purworejo. Kami menyediakan tenaga ahli untuk psikoterapi agar tidak lagi terjadi kekambuhan.

Kedatangan kalian, kami tunggu