Rehabilitasi Gangguan Jiwa

kami akan mengajarkan Panti Rehabilitasi Tirto Jiwo memberikan pendampingan gangguan jiwa sejak 2014. Kami mendukung proses pemulihan dengan memakai pendekatan medis dan pendekatan psikoedukasi. Pelayanan medis dilakukan oleh psikiater yang bertugas di RSUD Tjitro Wardojo dan RS Islam Purworejo. Staf in-house Tirto Jiwo (dokter, psikolog, perawat, ustadz dan penyintas gangguan jiwa) memberikan pelayanan psikoedukasi, terapi vokasi dan intervensi sosial lainnya.  Untuk sementara, saat ini, Tirto Jiwo hanya menerima penderita laki laki.

Penderita gangguan jiwa bisa pulih.

Dengan metode pendampingan seperti yang kami lakukan, cukup banyak  orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) bisa kembali hidup produktif secara sosial ekonomi di masyarakat. Penelitian di Amerika membuktikan hal tersebut. Pengertian pulih disini adalah penderita gangguan jiwa bisa kembali hidup produktif di masyarakat, meski kadang gejala muncul , bila kondisi kejiwaannya sedang menurun. Pemulihan adalah sebuah proses yang panjang, kadang naik turun, kadang ada mundur kebelakang. Dalam proses pemulihan, secara keseluruhan, terjadi kemajuan yang menuju arah yang positif, yaitu hidup produktif secara sosial ekonomi di masyarakat.

Setiap orang mempunyai cara atau jalur yang berbeda menuju pemulihan. Proses pemulihan bersifat pribadi. Meskipun demikian, ada beberapa kondisi yang mendukung proses pemulihan:

  • Harapan. Harapan adalah bagian penting dari pemulihan. Kami akan menunjukkan bahwa ada harapan untuk hidup yang lebih baik. Kalian mungkin merasa terbantu dengan membaca cerita dari orang-orang tentang pemulihan mereka.
  • Penerimaan.  Kami akan memberikan pemahaman sehingga kalian akan bisa menerima penyakit kalian dan kesulitan yang ditimbulkannya. dengan demikian,  perjalanan pemulihan kalian akan menjadi lebih mudah.
  • Kontrol. Kendalikan hidupmu. Di Tirto Jiwo kami akan mengajarkan kepada kalian tentang cara mengendalikan hidup.
  • Menetapkan tujuan. tetapkan tujuan yang realistis dan berusaha untuk meraihnya. Pencapaian tujuan akan sangat membantu proses pemulihan.

Tirto Jiwo terletak di sebuah pedesaan di pinggiran kota Purworejo. Udara yang bersih, pemandangan yang hijau dan penduduk sekitar yang mendukung, sangat membantu proses pemulihan. Selain lingkungan yang mendukung, kami juga melaksanakan kegiatan psikoterapi, terapi vokasi (misalnya: membuat telor asin, berkebun, beternak ayam), bimbingan agama sebagai terapi kognisi dan perilaku, dan kegiatan lainnya (refreshing ke tempat wisata).

Ayo , tunggu apa lagi!

Bawa saudara, teman atau tetangga yang menderita gangguan jiwa ke Tirto Jiwo.