Neuropsikologi

neuropsikologi

Apa itu neuropsikologi?

Neuropsikologi adalah aspek psikologi yang mengkhususkan diri dalam memahami hubungan antara struktur fungsi otak fisik dan proses perilaku psikologis. Otak itu kompleks. Gangguan di dalam otak dan sistem saraf dapat mengubah perilaku dan fungsi kognitif.

Menurut University of Rochester Medical Center, peran neuropsikologi adalah memahami bagaimana struktur dan sistem otak berhubungan dengan perilaku dan pemikiran.

Neuropsikologi memiliki gelar doktor dalam psikologi dan pelatihan neuropsikologi. Mereka sering bekerja dalam penelitian atau pengaturan klinis.

Apa yang dilakukan neuropsikologi?

Ahli saraf mengevaluasi dan merawat orang dengan berbagai jenis gangguan sistem saraf. Mereka bekerja sama dengan dokter, termasuk ahli saraf.

Penyakit, cedera, dan penyakit pada otak dan sistem saraf dapat memengaruhi cara seseorang merasa, berpikir, dan berperilaku. Gejala yang mungkin memerlukan ahli saraf meliputi:

  • Kesulitan memori
  • Gangguan mood
  • Kesulitan belajar
  • Disfungsi sistem saraf

Jika dokter lain tidak dapat mengidentifikasi penyebab gejala, psikologi saraf dapat membantu menentukan diagnosis. Jika diagnosis sudah diketahui, penilaian masih bisa membantu.

Seorang neuropsikologi dapat membantu menentukan gangguan yang mungkin Anda alami dan seberapa parahnya. Berikut ini adalah beberapa contoh kondisi yang mereka evaluasi dan tangani:

  • Stroke dapat memengaruhi perilaku, pemikiran, memori, dan fungsi otak lainnya dengan cara yang jelas atau halus. Mereka dapat melakukan evaluasi untuk membantu menentukan derajat gangguan stroke.
  • Penyakit Parkinson, gangguan progresif, dapat menyebabkan beberapa masalah neurologis. Pemeriksaan neuropsikolog dapat memberikan dasar untuk membantu mereka menentukan perkembangan penyakit dan penurunan fungsi.
  • Penyakit Alzheimer dan jenis demensia lainnya dapat mengganggu daya ingat, kepribadian, dan kemampuan kognitif. Seorang neuropsikolog dapat melakukan pemeriksaan untuk membantu mereka mengidentifikasinya pada tahap awal.
  • Cedera otak traumatis dapat menyebabkan berbagai macam gejala. Seorang neuropsikolog dapat membantu menentukan bagaimana cedera memengaruhi fungsi-fungsi seperti penalaran atau keterampilan memecahkan masalah.
  • Seorang neuropsikolog dapat membantu menentukan jenis ketidakmampuan belajar yang dimiliki seseorang dan mengembangkan rencana pengobatan.

Prosedur neuropsikologi yang khas

Sistem saraf itu kompleks. Ahli saraf menggunakan berbagai jenis prosedur untuk mengidentifikasi masalah dan rencana perawatan. Prosedur khas yang mereka lakukan meliputi:

Evaluasi neuropsikologi

Evaluasi ini adalah penilaian tentang bagaimana otak Anda berfungsi. Penilaian akan mencakup wawancara dan pertanyaan yang akan membantu menguraikan kinerja tugas sehari-hari Anda, serta mengidentifikasi masalah memori dan masalah kesehatan mental. Wawancara juga akan mencakup informasi tentang gejala, riwayat kesehatan, dan obat yang Anda minum.

Evaluasi mencakup berbagai jenis tes standar untuk mengukur banyak area fungsi otak, termasuk:

  • Penyimpanan
  • Kemampuan kognitif
  • Kepribadian
  • Penyelesaian masalah
  • Pemikiran
  • Emosi
  • Kepribadian

Pemindaian otak, seperti pemindaian CT atau MRI, juga dapat membantu psikologi saraf membuat diagnosis.

Memahami hasil

Ahli saraf Anda akan membandingkan hasil tes Anda dengan orang lain dengan pendidikan dan usia yang sama.

Hasil evaluasi dan pengujian dapat membantu menentukan penyebab masalah saat metode lain tidak berfungsi. Tes bahkan dapat membantu mengidentifikasi pemikiran ringan dan masalah memori, yang mungkin tidak kentara.

Neuropsikologi membantu mengembangkan rencana perawatan dengan memahami bagaimana fungsi otak dan bagaimana fungsi itu berkaitan dengan perilaku. Rencana perawatan mungkin termasuk pengobatan, terapi rehabilitasi, atau operasi.

Pandangan

Seorang ahli saraf dapat membantu mendiagnosis kondisi kognitif, perilaku, atau neurologis. Mengunjungi psikologi saraf dan menyelesaikan tes mereka dapat membantu Anda memahami kondisi. Anda secara lebih mendalam. Jika dokter lain mungkin tidak dapat mendiagnosis suatu masalah, pertimbangkan untuk menemui psikolog saraf.

 

Baca lainnya: Bagaimana kamu tahu jika butuh bantuan psikolog?

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *