Bagaimana kamu tahu jika butuh bantuan psikolog

bantuan psikolog

Apakah ini waktunya untuk mendapatkan bantuan psikolog?

Hidup jarang tanpa tantangannya.

Baik itu kematian orang yang dicintai atau perasaan cemas yang luar biasa, penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa bantuan psikolog tersedia untuk setiap masalah yang dihadapi di kehidupan.

Kehilangan

Kematian adalah bagian dari hidup yang tidak bisa dihindari, tapi itu tidak membuatnya lebih mudah untuk dihadapi. Setiap orang menangani kehilangan orang yang dicintai – baik orang tua atau hewan peliharaan – secara berbeda.

Berduka secara terbuka atau pribadi adalah hal biasa, tetapi menghindari kenyataan kehilangan dapat menyebabkan masalah yang berlarut-larut.

Seorang psikolog dapat membantu Anda menemukan cara yang tepat untuk menghadapi kematian atau rasa kehilangan seseorang yang dekat dengan Anda.

Stres dan kecemasan

Beberapa aspek kehidupan memang membuat stres, dan banyak situasi – mulai dari wawancara kerja hingga masalah hubungan – dapat membuat Anda merasa cemas.

Stres dan kecemasan, jika dibiarkan semakin parah, dapat menyebabkan isolasi sosial, depresi, dan banyak masalah lainnya.

Seorang psikolog dapat membantu Anda mengelola stres dan kecemasan dengan menemukan sumber atau penyebab masalah Anda, serta cara yang tepat untuk mengatasinya.

Depresi

Perasaan tidak berdaya atau putus asa yang berlebihan adalah tanda-tanda umum depresi.

Sementara beberapa orang percaya bahwa Anda bisa “keluar” dari depresi, itu jarang terjadi.

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang umum terjadi di mana orang kehilangan minat pada berbagai hal, mengalami kelelahan, dan sering mengalami masalah dalam mengelola emosi mereka.

Psikolog dapat membantu Anda menemukan sumber depresi – seringkali merupakan langkah pertama untuk merasa lebih baik, bersamaan dengan membantu proses mengurangi berpikir negatif.

Fobia

Takut ketinggian dan laba-laba adalah fobia yang umum, tetapi beberapa ketakutan yang tidak biasa dan tidak berdasar dapat menciptakan masalah besar dalam hidup Anda. Misalnya, sitophobia (takut makan) dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Seorang psikolog yang berpengalaman dapat membantu Anda mulai mengatasi ketakutan Anda sehingga Anda dapat hidup tanpa polifobia (takut banyak hal) atau fobofobia (takut takut).

Masalah keluarga dan hubungan

Hubungan, baik keluarga, pribadi, atau terkait pekerjaan, mengalami pasang surut. Meskipun hubungan dapat menjadi salah satu hal terbaik dalam hidup, hubungan juga dapat menjadi sumber stres dan masalah.

Bekerja dengan psikolog, baik secara individu atau dalam kelompok, dapat membantu menghilangkan kerutan yang dapat terbentuk bahkan dalam hubungan terkuat.

Kebiasaan dan kecanduan yang tidak sehat

Beberapa kebiasaan tidak sehat – seperti merokok, minum minuman keras, dan penggunaan narkoba – sering kali digunakan untuk menghindari masalah mendasar yang lebih besar atau mengobati diri sendiri.

Meskipun psikolog Anda akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut, mereka juga dapat membantu Anda mengatasi masalah yang langsung dihadapi kesehatan Anda, seperti:

  • Kecanduan
  • Gangguan Makan
  • Manajemen stress
  • Masalah tidur

Peningkatan performa

Beberapa orang paling sukses mencapai tujuan mereka dengan memvisualisasikannya terlebih dahulu.

Atlet sering kali mempersiapkan mental untuk kompetisi dengan intensitas sebanyak mereka melatih tubuh mereka secara fisik. Yang lain menggunakan teknik ini untuk secara proaktif bersiap menghadapi peristiwa kehidupan yang menantang.

Sama seperti Anda berlatih pidato sebelum memberikannya, psikolog Anda dapat membantu Anda mempersiapkan acara besar sehingga Anda dapat tampil sebaik mungkin, apakah itu Olimpiade atau wawancara kerja.

Kejernihan mental

Seorang psikolog dapat membantu Anda meningkatkan kejernihan mental dengan bertindak sebagai pendengar yang tidak bias. Seringkali, orang menemukan solusi mereka sendiri hanya dengan mendengarkan diri mereka sendiri berbicara dengan lantang dalam terapi.

Mengungkapkan masalah mereka di tempat terbuka akan membantu banyak orang meningkatkan kejernihan mental mereka, lebih mampu berkonsentrasi, dan menjadi lebih berorientasi pada tugas. Psikolog dilatih untuk menjadi pendengar yang hebat.

Gangguan mental

Terkadang beberapa gejala disebabkan oleh masalah yang lebih besar.

Gangguan mental dapat memanifestasikan dirinya dalam beberapa cara. Mereka sering menyamar sebagai sesuatu yang lain dan hanya dapat ditemukan dengan bantuan ahli kesehatan mental.

Beberapa gangguan jiwa dengan gejala yang bervariasi antara lain:

  • Gangguan bipolar
  • Gangguan depresi mayor
  • Skizofrenia
  • Gangguan stres pasca-trauma

Menemukan bantuan yang tepat

Seorang psikolog dapat menjadi alat yang berguna dalam perlengkapan kesehatan pepatah Anda.

Dengan membantu Anda menjaga pikiran tetap jernih dan mengelola stres, kecemasan, fobia, dan masalah lain yang Anda hadapi, bantuan psikolog akan memberikan hasil maksimal dari hidup dan membebaskan Anda dari gejala depresi dan masalah kesehatan mental lainnya.

Langkah pertama adalah menemukan psikolog lokal dan memulai hubungan yang terbuka, komunikatif, dan sejahtera. Setelah itu, yang terpenting adalah bekerja sama untuk memaksimalkan kesehatan mental Anda dan membantu Anda menjalani hidup yang lebih baik.

 

Baca lainnya: 8 latihan pernapasan untuk kecemasan

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *