Anak – anak dengan ADHD: Kondisi yang Mirip ADHD

anak anak dengan adhd

Anak-anak mudah didiagnosis ADHD karena masalah tidur, kecerobohan, gelisah, atau kelupaan dan beberapa gejala lainnya. ADHD dianggap sebagai gangguan perilaku yang paling sering didiagnosis pada anak di bawah 18 tahun.

Namun, banyak kondisi medis pada anak-anak dapat mencerminkan gejala ADHD, yang membuat diagnosis menjadi sulit. Daripada langsung menyimpulkan, penting untuk mempertimbangkan penjelasan alternatif untuk memastikan perlakuan yang akurat.

Gangguan bipolar dan ADHD

Diagnosis banding yang paling sulit dibuat adalah antara ADHD dan gangguan bipolar. Kedua kondisi ini seringkali sulit dibedakan karena memiliki beberapa gejala yang sama, termasuk:

  • Ketidakstabilan suasana hati
  • Emosional
  • Kegelisahan
  • Terlalu banyak bicara
  • Ketidaksabaran

ADHD ditandai terutama oleh kurangnya perhatian, gangguan, impulsif, atau kegelisahan fisik. Gangguan bipolar menyebabkan perubahan suasana hati, energi, pemikiran, dan perilaku yang berlebihan, dari mania ke titik terendah depresi yang ekstrem. Meskipun gangguan bipolar pada dasarnya adalah gangguan suasana hati, ADHD memengaruhi perhatian dan perilaku.

Perbedaan

Ada banyak perbedaan yang jelas antara ADHD dan gangguan bipolar, tetapi keduanya tidak kelihatan dan mungkin luput dari perhatian.

ADHD bersifat kronis, sedangkan gangguan bipolar biasanya bersifat episodik, dan dapat tetap tersembunyi selama periode antara episode mania atau depresi. Anak-anak dengan ADHD mungkin mengalami kesulitan dengan stimulasi berlebihan sensorik, seperti transisi dari satu aktivitas ke aktivitas berikutnya, sementara anak-anak dengan gangguan bipolar biasanya merespons tindakan disipliner dan konflik dengan figur otoritas. Depresi, lekas marah, dan kehilangan ingatan biasa terjadi setelah periode gejala gangguan bipolar mereka, sementara anak-anak dengan ADHD umumnya tidak mengalami gejala yang sama.

Suasana hati

Suasana hati seseorang dengan pendekatan ADHD tiba-tiba dan dapat menghilang dengan cepat, seringkali dalam 20 sampai 30 menit. Tapi perubahan mood dari gangguan bipolar bertahan lebih lama. Episode depresi mayor harus berlangsung selama dua minggu untuk memenuhi kriteria diagnostik, sedangkan episode manik harus berlangsung setidaknya satu minggu dengan gejala yang muncul hampir setiap hari (durasinya mungkin lebih sedikit jika gejala menjadi begitu parah sehingga rawat inap menjadi perlu). Gejala hipomanik hanya perlu berlangsung empat hari. Anak-anak dengan gangguan bipolar tampaknya menunjukkan gejala ADHD selama fase manik mereka, seperti gelisah, sulit tidur, dan hiperaktif.

Selama fase depresi, gejala seperti kurang fokus, lesu, dan kurang perhatian juga bisa mencerminkan gejala ADHD. Namun, anak-anak dengan gangguan bipolar mungkin mengalami kesulitan untuk tidur atau mungkin terlalu banyak tidur. Anak-anak dengan ADHD cenderung bangun dengan cepat dan segera menjadi waspada. Mereka mungkin sulit tidur, tetapi biasanya bisa tidur sepanjang malam tanpa gangguan.

Tingkah laku

Perilaku buruk anak-anak dengan ADHD dan anak-anak dengan gangguan bipolar biasanya tidak disengaja. Mengabaikan figur otoritas, mengalami berbagai hal, dan membuat kekacauan sering kali merupakan akibat dari kurangnya perhatian, tetapi mungkin juga akibat dari episode mania.

Anak-anak dengan gangguan bipolar mungkin terlibat dalam perilaku berbahaya. Mereka mungkin menunjukkan pemikiran muluk-muluk, mengambil proyek yang jelas tidak dapat mereka selesaikan pada usia dan tingkat perkembangan mereka.

Autisme

Anak-anak dengan gangguan spektrum autisme sering kali tampak terlepas dari lingkungannya dan mungkin kesulitan dengan interaksi sosial. Dalam beberapa kasus, perilaku anak autis dapat menyerupai hiperaktif dan masalah perkembangan sosial yang umum terjadi pada pasien ADHD. Perilaku lain mungkin termasuk ketidakdewasaan emosional yang mungkin juga terlihat pada ADHD. Keterampilan sosial dan kemampuan belajar mungkin terhambat pada anak-anak dengan kedua kondisi tersebut, yang dapat menyebabkan masalah di sekolah dan di rumah.

Kadar gula darah rendah

Sesuatu yang tidak berbahaya seperti gula darah rendah (hipoglikemia) juga bisa meniru gejala ADHD. Hipoglikemia pada anak dapat menyebabkan agresi yang tidak biasa, hiperaktif, ketidakmampuan untuk duduk diam, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.

Gangguan pemrosesan sensorik

Gangguan pemrosesan sensorik dapat menghasilkan gejala yang mirip dengan ADHD. Ini ditandai dengan kurang atau terlalu peka terhadap:

  • Sentuhan
  • Gerakan
  • Posisi tubuh
  • Suara
  • Rasa
  • Melihat
  • Bau atau aroma

Anak-anak dengan gangguan pemrosesan sensorik mungkin sensitif terhadap bahan tertentu, mungkin berfluktuasi dari satu aktivitas ke aktivitas berikutnya, dan mungkin rawan kecelakaan atau kesulitan memperhatikan, terutama jika mereka merasa kewalahan.

Gangguan tidur

Anak-anak dengan ADHD mungkin mengalami kesulitan untuk menenangkan diri dan tertidur. Namun, beberapa anak yang menderita gangguan tidur mungkin menunjukkan gejala ADHD selama jam bangun tanpa benar-benar mengalami gangguan tersebut.

Kurang tidur menyebabkan kesulitan berkonsentrasi, berkomunikasi, dan mengikuti arahan, serta menyebabkan penurunan daya ingat jangka pendek.

Masalah pendengaran

Mungkin sulit untuk mendiagnosis masalah pendengaran pada anak kecil yang tidak tahu bagaimana mengekspresikan diri sepenuhnya. Anak tunarungu kesulitan memperhatikan karena ketidakmampuannya untuk mendengar dengan baik.

Detail percakapan yang hilang mungkin tampak disebabkan oleh kurangnya fokus anak, padahal sebenarnya mereka tidak bisa mengikuti. Anak-anak dengan masalah pendengaran juga mungkin mengalami kesulitan dalam situasi sosial dan teknik komunikasi yang kurang berkembang.

Dari komunitas kami

Hanya ahli kesehatan mental yang dapat secara akurat membedakan antara ADHD dan gangguan bipolar. Jika anak Anda didiagnosis dengan gangguan bipolar, perawatan primer mencakup obat-obatan psiko-stimulan dan antidepresan, terapi individu atau kelompok, dan pendidikan dan dukungan yang disesuaikan. Pengobatan mungkin perlu digabungkan atau sering diubah untuk terus memberikan hasil yang bermanfaat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *