Bagaimana Memilih Terapis Kesehatan Mental Anda

terapis kesehatan mental

Terapi merupakan bagian penting dari pengobatan gangguan bipolar. Mencari terapi dengan terapis berkualitas yang Anda percaya sangat penting untuk kesehatan mental yang baik. Gunakan petunjuk berikut untuk membantu memilih terapis yang tepat untuk Anda.

Pilih Format Terapi

Terapi ditawarkan dalam pengaturan pribadi dan kelompok. Memilih format terapi yang tepat untuk Anda akan membantu Anda merasa rileks dan ingin berbagi.

Jika Anda lebih suka suasana pribadi, sesi terapi bicara empat mata mungkin merupakan pilihan terbaik.

Jika Anda ingin mengetahui bahwa Anda tidak sendirian dalam kondisi Anda, terapi kelompok dapat membantu Anda mengatasi perasaan tersebut. Ini juga dapat membantu Anda merasa lebih terhubung dengan orang lain yang mengalami masalah serupa.

Dapatkan Konsultasi dari Terapis Kesehatan Mental Anda

Kebanyakan terapis kesehatan mental akan memulai dengan konsultasi telepon. Ini adalah waktu bagi Anda untuk menjelaskan mengapa Anda mencari pengobatan dan mendiskusikan detail kondisi Anda. Anda dapat mengajukan pertanyaan apa pun yang Anda inginkan selama konsultasi ini. Coba pikirkan beberapa pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada terapis sebelum konsultasi: Apa filosofi umum mereka? Bagaimana mereka terhubung dengan pasien mereka? Apa pengalaman mereka?

Anda juga bisa meminta konsultasi tatap muka agar bisa bertemu langsung dengan calon terapis. Ini dapat membuat perbedaan besar dalam penilaian Anda. Sangatlah normal untuk bertemu langsung dengan terapis dan tidak langsung cocok dengan mereka. Jika Anda mendapatkan sedikit pun petunjuk bahwa Anda mungkin merasa tidak nyaman dengan terapis, nyatakan dengan sopan bahwa Anda tidak yakin hubungan tersebut akan berhasil. Tapi jangan menyerah. Sebaliknya, lanjutkan pencarian Anda sampai Anda menemukan seseorang yang cocok untuk Anda.

Evaluasi Metode Terapis Kesehatan Mental Anda

Untuk mendapatkan terapi terbaik yang tersedia, Anda harus memiliki hubungan kerja yang baik dengan terapis Anda. Beberapa faktor berkontribusi terhadap hal ini, termasuk keterampilan mendengarkan terapis Anda dan seberapa dekat keselarasan nilai-nilai Anda.

Misalnya, Anda mungkin tidak menyukai teknik tertentu, seperti hipnoterapi. Selain itu, Anda tidak ingin mencari terapi dari siapa pun yang Anda rasa menghakimi atau tidak mendukung upaya Anda. Demikian pula, beberapa orientasi terapeutik mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman jika lebih direktif daripada yang lain.

Semua terapi membutuhkan waktu, jadi berhati-hatilah jika terapis memberi Anda perbaikan cepat tanpa memberikan alat yang Anda butuhkan untuk stabilitas jangka panjang. Ini bisa termasuk terlalu bersemangat untuk menyenangkan Anda, seperti selalu menyalahkan orang lain atas masalah Anda. Terapis harus berada di pihak Anda, tetapi juga harus menantang Anda untuk menghadapi peran Anda sendiri.

Baca riwayat terbaik

Sama pentingnya dengan gaya terapi adalah bagaimana Anda bisa menyesuaikannya dengan hidup Anda. Saat memilih jenis terapi, ada beberapa masalah logistik yang penting.

Temukan terapis yang mudah dijangkau. Semakin mudah melakukan perjalanan ke terapi, semakin kecil kemungkinan Anda melewatkan janji. Anda juga akan dapat datang ke janji temu dengan suasana hati yang tenang dan siap untuk berbagi.

Ketika Anda pertama kali bertemu dengan terapis, sepakati harga sesi Anda dan seberapa sering Anda akan bertemu. Jika biayanya jauh melebihi kemampuan Anda, Anda harus menegosiasikan harga atau menemukan sesuatu yang lebih sesuai dengan pendapatan Anda. Dampak finansial dari terapi seharusnya tidak menjadi penyebab stres lainnya.

Tanyakan tentang latar belakang pendidikan terapis Anda. Anda harus merasa puas karena mereka memiliki pengetahuan yang mereka butuhkan untuk membantu Anda. Pastikan mereka juga memiliki lisensi, dan jangan takut untuk menelitinya di Internet.

Pelatihan dan pengalaman adalah dua hal yang berbeda. Tanyakan kepada terapis Anda berapa banyak pengalaman yang mereka miliki, termasuk tahun-tahun di bidangnya.

Bangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah hal terpenting dalam hubungan yang baik, terutama di mana Anda akan memberi tahu seseorang tentang masalah dan rahasia emosional terdalam Anda.

Nada bicara, sikap, dan faktor lain dapat memengaruhi cara kita memandang seseorang. Jika Anda tidak setuju dengan terapis Anda, Anda harus menyebutkannya kepada mereka. Apabila mereka benar-benar profesional, terapis Anda akan membantu menemukan orang lain untuk Anda temui. Jika mereka tersinggung, Anda tahu ini saatnya mencari terapis lain.

Terapi melibatkan kerja tim, jadi penting bagi Anda untuk merasa bahwa Anda dan terapis berada dalam tim yang sama.

Pandangan

Sering kali sulit untuk menghubungi profesional jika Anda mengalami masalah kesehatan mental. Tetapi terapi bisa menjadi metode pengobatan yang sangat efektif. Terapis dilatih untuk membantu orang seperti Anda. Mengetahui pertanyaan mana yang harus ditanyakan dan apa yang harus dicari dapat membantu Anda menemukan terapis yang tepat.

 

Baca lainnya: Mengatasi mania

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *