Mengatasi Mania – Tips, Pencegahan, dan Pemulihan

mengatasi mania

Apa itu gangguan bipolar dan mania?

Gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang dapat menyebabkan Anda mengalami episode suasana hati yang ekstrim. Episode ini disebut mania dan depresi. Tingkat keparahan dan frekuensi episode ini akan membantu penyedia layanan kesehatan Anda menentukan jenis gangguan bipolar yang Anda alami.

  • Gangguan bipolar 1 terjadi jika Anda memiliki setidaknya satu episode manik. Anda mungkin atau mungkin juga tidak mengalami episode depresi mayor sebelum atau sesudah episode manik. Selain itu, Anda mungkin mengalami episode hipomanik, yang tidak separah mania.
  • Gangguan bipolar 2 adalah ketika Anda mengalami episode depresi mayor yang berlangsung setidaknya dua minggu, dan episode hipomanik yang berlangsung setidaknya empat hari.

Apa itu mania?

Mania adalah gejala yang berhubungan dengan gangguan bipolar 1. Anda mungkin mengalami hal berikut selama episode manik:

  • Suasana hati yang meningkat secara tidak normal
  • Mudah tersinggung secara terus – menerus
  • Suasana hati yang luar biasa energik

Untuk dianggap sebagai episode manik, gejala mania Anda harus berlangsung setidaknya seminggu, kecuali Anda dirawat di rumah sakit. Gejala Anda mungkin berlangsung kurang dari seminggu jika Anda dirawat di rumah sakit.

Selama episode manik, perilaku Anda sangat berbeda dari perilaku normal. Sementara beberapa orang secara alami lebih energik daripada yang lain, mereka yang mengalami mania memiliki tingkat energi yang tidak normal, mudah tersinggung, atau bahkan perilaku yang diarahkan pada tujuan.

Beberapa gejala lain yang mungkin Anda alami selama episode manik meliputi:

  • Perasaan harga diri yang meningkat
  • Merasa seperti Anda tidak perlu tidur, atau hanya membutuhkan sedikit tidur
  • Menjadi sangat banyak bicara
  • Mengalami pikiran berlomba
  • Mudah teralihkan
  • Terlibat dalam perilaku berisiko, seperti pesta belanja, kecerobohan seksual, atau melakukan investasi bisnis besar

Mania dapat menyebabkan Anda menjadi psikotik. Ini berarti Anda telah kehilangan kontak dengan kenyataan.

Episode manik tidak boleh dianggap enteng. Mereka memengaruhi kemampuan Anda untuk tampil seperti biasa dalam pekerjaan, sekolah, dan kegiatan sosial.

Kiat untuk mengatasi episode manik

Episode manik dapat berbeda dari orang ke orang. Beberapa orang dapat mengenali bahwa mereka sedang menuju episode manik, sementara yang lain mungkin menyangkal keseriusan gejala mereka.

Jadi, mungkin cara terbaik untuk mengatasi mania adalah dengan membuat rencana ke depan. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda persiapkan.

Hubungi tim perawatan kesehatan Anda

Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan untuk mengatasi mania adalah menghubungi penyedia kesehatan mental Anda. Ini bisa termasuk psikiater, praktisi perawat psikiatri, konselor, pekerja sosial, atau profesional kesehatan mental lainnya. Jika Anda khawatir akan segera memulai episode manik, hubungi penyedia kesehatan mental Anda sesegera mungkin untuk mendiskusikan gejala Anda.

Jika Anda memiliki orang yang Anda cintai atau anggota keluarga yang mengetahui penyakit Anda, mereka juga dapat membantu Anda menerima dukungan.

Identifikasi obat yang membantu

Penyedia layanan kesehatan biasanya mengobati episode manik akut dengan obat yang dikenal sebagai antipsikotik. Obat ini dapat mengurangi gejala manik lebih cepat daripada penstabil suasana hati. Namun, pengobatan jangka panjang dengan penstabil suasana hati dapat membantu mencegah episode manik di masa mendatang.

Contoh antipsikotik meliputi:

  • Olanzapine (Zyprexa)
  • Risperidone (Risperdal)
  • Quetiapine (Seroquel)

Beberapa contoh penstabil suasana hati meliputi:

  • Lithium (Eskalith)
  • Karbamazepin (Tegretol)

Jika Anda pernah mengonsumsi obat-obatan ini di masa lalu dan memiliki pemahaman tentang cara kerjanya untuk Anda, Anda bisa menuliskan informasi tersebut di kartu pengobatan. Atau Anda bisa juga menambahkannya ke rekam medis Anda.

Hindari pemicu yang memperburuk mania Anda

Alkohol, obat-obatan terlarang, dan obat resep yang dapat mengubah suasana hati semuanya dapat menyebabkan episode manik dan memengaruhi kemampuan Anda untuk pulih. Menghindari zat-zat ini dapat membantu Anda menjaga keseimbangan emosi. Ini juga dapat membantu membuat pemulihan lebih mudah.

Pertahankan jadwal makan dan tidur yang teratur

Saat Anda hidup dengan gangguan bipolar, memiliki struktur dalam kehidupan sehari-hari Anda sangatlah penting. Ini termasuk mengikuti diet sehat dan menghindari kafein dan makanan manis yang dapat memengaruhi suasana hati Anda.

Tidur yang cukup teratur juga dapat membantu Anda menghindari episode manik atau depresi. Selain itu, ini dapat membantu mengurangi keparahan episode apa pun yang terjadi.

Perhatikan keuangan Anda

Pergi berbelanja bisa menjadi salah satu gejala utama mania. Anda dapat mengatasinya dengan membatasi seberapa mudah Anda dapat mengakses keuangan Anda. Misalnya, simpan cukup uang tunai untuk mempertahankan gaya hidup sehari-hari Anda di sekitar rumah, tetapi tidak memiliki uang tunai tambahan yang tersedia.

Anda juga mungkin ingin menyimpan kartu kredit dan metode pengeluaran lainnya di tempat yang lebih sulit untuk digunakan. Beberapa orang merasa terbantu dengan memberikan kartu kredit mereka kepada teman tepercaya atau anggota keluarga.

Siapkan pengingat harian

Buat pengingat untuk minum obat dan mempertahankan waktu tidur yang teratur. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan notifikasi telepon atau komputer untuk membantu Anda menjaga jadwal.

Pencegahan mania

Setelah episode manik, banyak orang mendapatkan wawasan tentang apa yang mungkin menyebabkan episode tersebut. Contoh pemicu mania yang umum dapat meliputi:

  • Minum alkohol atau menyalahgunakan obat-obatan terlarang
  • Begadang sepanjang malam dan melewatkan tidur
  • Bergaul dengan orang lain yang diketahui memiliki pengaruh tidak sehat (seperti mereka yang biasanya mencoba meyakinkan Anda untuk menggunakan alkohol atau narkoba)
  • Keluar dari program diet atau olahraga biasa
  • Menghentikan atau melewatkan pengobatan Anda
  • Melewatkan sesi terapi

Menjaga diri Anda pada rutinitas sebanyak mungkin dapat membantu mengurangi episode manik. Namun perlu diingat bahwa itu tidak akan mencegah mereka sama sekali.

Persiapan penting untuk mengatasi mania

Jika Anda atau orang yang Anda cintai menderita gangguan bipolar, ada beberapa persiapan penting dalam mengatasi mania yang mungkin bisa Anda lakukan.

Arahan kemajuan psikiatri

Anda dapat membuat Petunjuk Tingkat Lanjut Psikiatri. Dokumen hukum ini menunjuk anggota keluarga atau orang yang cintai untuk bertindak atas nama Anda saat Anda mengalami episode manik atau depresi. Melakukan hal ini dapat memastikan bahwa keinginan Anda, seperti ke mana Anda ingin dibawa jika Anda perlu dirawat di rumah sakit, jika Anda berada dalam krisis.

Latihan menghadapi kebakaran

Anda juga bisa memikirkan tentang mengadakan “latihan kebakaran” untuk episode manik di masa depan. Ini adalah simulasi di mana Anda membayangkan Anda akan mengalami episode mania. Anda dapat mempraktikkan siapa yang akan Anda telepon, dan menanyakan apa yang akan mereka lakukan untuk membantu Anda. Jika Anda menemukan langkah-langkah yang terlewat dalam rencana Anda, sekaranglah waktunya untuk memperbaikinya.

Mencari bantuan

Meskipun tidak ada yang suka memikirkan episode manik, penting untuk menyadarinya dan mencari dukungan sebelumnya.

Pemulihan dari episode mania

Dalam masa pemulihan, inilah saatnya untuk mulai mendapatkan kembali kendali atas hidup dan jadwal Anda. Diskusikan dengan penyedia kesehatan mental Anda dan orang yang Anda cintai apa yang telah Anda pelajari dari episode tersebut, seperti pemicu. Anda juga dapat mulai menetapkan kembali jadwal untuk tidur, makan, dan berolahraga.

Penting untuk memikirkan tentang apa yang dapat Anda pelajari dari episode ini dan bagaimana Anda dapat membantu diri Anda sendiri di masa depan. Ini akan membantu Anda terlibat dalam pencegahan mania nanti.

Pandangan

Jika Anda mengalami mania dan ingin mengatasi mania tersebut, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko mengalami episode, seperti mengikuti rencana perawatan Anda dan menghindari pemicunya. Langkah-langkah ini dapat membantu mengurangi jumlah dan tingkat keparahan episode Anda.

Tetapi karena Anda tidak dapat mencegah episode manik sepenuhnya, ada baiknya juga bersiap. Tetap terhubung dengan tim perawatan kesehatan Anda, buat keputusan sebelum episode manik, dan bersiaplah untuk mencari bantuan saat Anda membutuhkannya. Mempersiapkan episode manik sebelum terjadi dapat membantu Anda mengelola kondisi dan hidup lebih nyaman dengan gangguan bipolar.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *