Gangguan Spektrum Autisme – Diagnosa dan Pengobatan

spektrum autisme

Diagnosa Gangguan Spektrum Autisme

Dokter yang memeriksa anak Anda akan mencari tanda-tanda keterlambatan perkembangan pada pemeriksaan rutin. Jika anak Anda menunjukkan gejala gangguan spektrum autisme, Anda mungkin akan dirujuk ke spesialis yang menangani anak dengan gangguan spektrum autisme, seperti psikiater atau psikolog anak, ahli saraf anak, atau dokter anak perkembangan, untuk evaluasi.

Karena gangguan spektrum autisme sangat bervariasi dalam gejala dan tingkat keparahan, membuat diagnosis mungkin sulit. Tidak ada tes medis khusus untuk menentukan gangguan tersebut. Sebaliknya, seorang spesialis dapat:

  • Amati anak Anda dan tanyakan bagaimana interaksi sosial, keterampilan dan perilaku komunikasi anak Anda yang telah berkembang dan berubah dari waktu ke waktu
  • Beri anak Anda tes yang mencakup masalah pendengaran, bicara, bahasa, tingkat perkembangan, sosial dan perilaku
  • Hadirkan interaksi sosial dan komunikasi terstruktur kepada anak Anda dan nilai kinerjanya
  • Libatkan spesialis lain dalam menentukan diagnosis
  • Rekomendasikan pengujian genetik untuk mengidentifikasi apakah anak Anda memiliki kelainan genetik seperti sindrom Rett atau sindrom X rapuh

Pengobatan Gangguan Spektrum Autisme

Tidak ada obat untuk gangguan spektrum autisme, dan tidak ada pengobatan satu ukuran untuk semua. Tujuan pengobatan adalah untuk memaksimalkan kemampuan anak Anda untuk berfungsi dengan mengurangi gejala gangguan dan mendukung perkembangan dan pembelajaran. Intervensi dini selama tahun-tahun prasekolah dapat membantu anak Anda mempelajari keterampilan sosial, komunikasi, fungsional dan perilaku yang kritis.

Rangkaian perawatan dan intervensi berbasis rumah dan berbasis sekolah untuk gangguan spektrum autisme bisa sangat banyak, dan kebutuhan anak Anda dapat berubah seiring waktu. Penyedia layanan kesehatan Anda dapat merekomendasikan opsi dan membantu mengidentifikasi sumber daya di wilayah Anda.

Jika anak Anda didiagnosis dengan gangguan spektrum autisme, bicarakan dengan ahli tentang membuat strategi pengobatan dan membangun tim profesional untuk memenuhi kebutuhan anak Anda.

Pilihan pengobatan mungkin termasuk:

  • Terapi perilaku dan komunikasi. Banyak program yang menangani berbagai kesulitan sosial, bahasa dan perilaku yang terkait dengan gangguan spektrum autisme. Beberapa program berfokus pada pengurangan perilaku bermasalah dan mengajarkan keterampilan baru. Program lain berfokus pada mengajarkan anak-anak bagaimana bertindak dalam situasi sosial atau berkomunikasi lebih baik dengan orang lain. Analisis perilaku terapan dapat membantu anak-anak mempelajari keterampilan baru dan menggeneralisasi keterampilan ini ke berbagai situasi melalui sistem motivasi berbasis penghargaan.
  • Terapi pendidikan. Anak-anak dengan gangguan spektrum autisme sering kali merespons dengan baik program pendidikan yang sangat terstruktur. Program yang berhasil biasanya mencakup tim spesialis dan berbagai aktivitas untuk meningkatkan keterampilan sosial, komunikasi, dan perilaku. Anak-anak prasekolah yang menerima intervensi perilaku individual yang intensif sering menunjukkan kemajuan yang baik.
  • Terapi keluarga. Orang tua dan anggota keluarga lainnya dapat belajar bagaimana bermain dan berinteraksi dengan anak-anak mereka dengan cara yang mempromosikan keterampilan interaksi sosial, mengelola perilaku bermasalah, dan mengajarkan keterampilan dan komunikasi hidup sehari-hari.
  • Terapi lainnya. Bergantung pada kebutuhan anak Anda, terapi wicara untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, terapi okupasi untuk mengajarkan aktivitas kehidupan sehari-hari, dan terapi fisik untuk meningkatkan gerakan dan keseimbangan mungkin bermanfaat. Seorang psikolog dapat merekomendasikan cara untuk mengatasi masalah perilaku.
  • Obat. Tidak ada obat yang dapat memperbaiki tanda-tanda inti gangguan spektrum autisme, tetapi obat-obatan tertentu dapat membantu mengontrol gejala. Misalnya, obat-obatan tertentu mungkin diresepkan jika anak Anda hiperaktif; obat antipsikotik kadang-kadang digunakan untuk mengobati masalah perilaku yang parah; dan antidepresan mungkin diresepkan untuk kecemasan. Selalu beri tahu semua penyedia layanan kesehatan tentang obat atau suplemen apa pun yang dikonsumsi anak Anda. Beberapa obat dan suplemen dapat berinteraksi, menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Mengelola kondisi kesehatan medis dan mental lainnya

Selain gangguan spektrum autisme, anak-anak, remaja, dan orang dewasa juga dapat mengalami:

  • Masalah kesehatan medis. Anak-anak dengan gangguan spektrum autisme mungkin juga memiliki masalah medis, seperti epilepsi, gangguan tidur, preferensi makanan yang terbatas, atau masalah perut. Tanyakan kepada dokter yang menangani anak Anda bagaimana cara terbaik menangani kondisi ini bersama.
  • Masalah dengan transisi ke masa dewasa. Remaja dan dewasa muda dengan gangguan autisme mungkin kesulitan memahami perubahan tubuh. Selain itu, situasi sosial menjadi semakin kompleks pada masa remaja, dan mungkin ada toleransi yang kurang untuk perbedaan individu. Masalah perilaku mungkin menjadi tantangan selama masa remaja.
  • Gangguan kesehatan mental lainnya. Remaja dan orang dewasa dengan gangguan spektrum autisme seringkali mengalami gangguan kesehatan mental lainnya, seperti kecemasan dan depresi. Dokter Anda, ahli kesehatan mental, dan organisasi layanan dan advokasi komunitas dapat menawarkan bantuan.

Merencanakan masa depan

Anak-anak dengan gangguan spektrum autisme biasanya terus belajar dan mengimbangi masalah sepanjang hidup, tetapi sebagian besar akan terus membutuhkan beberapa tingkat dukungan. Merencanakan peluang masa depan anak Anda, seperti pekerjaan, perguruan tinggi, situasi kehidupan, kemandirian, dan layanan yang diperlukan untuk mendukung dapat membuat proses ini lebih lancar.

Obat alternatif

Karena gangguan spektrum autisme tidak dapat disembuhkan, banyak orang tua mencari terapi alternatif atau komplementer, tetapi pengobatan ini hanya memiliki sedikit atau tidak ada penelitian untuk menunjukkan bahwa pengobatan tersebut efektif. Anda bisa, secara tidak sengaja, memperkuat perilaku negatif. Dan beberapa pengobatan alternatif berpotensi berbahaya.

Bicarakan dengan dokter anak Anda tentang bukti ilmiah dari terapi apa pun yang Anda pertimbangkan untuk anak Anda.

Contoh terapi komplementer dan alternatif yang mungkin menawarkan beberapa manfaat bila digunakan dalam kombinasi dengan perawatan berbasis bukti meliputi:

  • Terapi kreatif. Beberapa orang tua memilih untuk melengkapi intervensi pendidikan dan medis dengan terapi seni atau terapi musik, yang berfokus pada pengurangan kepekaan anak terhadap sentuhan atau suara. Ini mungkin menawarkan beberapa manfaat jika digunakan bersama dengan perawatan lain.
  • Terapi berbasis sensorik. Didasarkan pada teori yang belum terbukti bahwa orang dengan gangguan autisme memiliki gangguan pemrosesan sensorik yang menyebabkan masalah dalam menoleransi atau memproses informasi sensorik, seperti sentuhan, keseimbangan, dan pendengaran. Terapis menggunakan sikat, mainan pemeras, trampolin, dan bahan lain untuk merangsang indra ini. Penelitian belum menunjukkan terapi ini efektif, tetapi mungkin mereka menawarkan beberapa manfaat bila digunakan bersama dengan perawatan lain.
  • Pijat. Meskipun pijat mungkin membuat rileks, tidak ada cukup bukti untuk menentukan apakah itu memperbaiki gejala gangguan spektrum autisme.
  • Terapi hewan peliharaan. Hewan peliharaan dapat memberikan persahabatan dan rekreasi, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah interaksi dengan hewan meningkatkan gejala gangguan spektrum autisme.

Beberapa terapi komplementer dan alternatif mungkin tidak berbahaya, tetapi tidak ada bukti bahwa terapi tersebut membantu. Beberapa mungkin juga termasuk biaya finansial yang signifikan dan sulit untuk diterapkan. Contoh terapi ini meliputi:

  • Diet khusus. Tidak ada bukti bahwa diet khusus adalah pengobatan yang efektif untuk gangguan spektrum autisme. Dan untuk anak-anak yang sedang tumbuh, diet ketat dapat menyebabkan kekurangan nutrisi. Jika Anda memutuskan untuk menjalani diet ketat, bekerjasamalah dengan ahli diet terdaftar untuk membuat rencana makan yang sesuai untuk anak Anda.
  • Suplemen vitamin dan probiotik. Meskipun tidak berbahaya bila digunakan dalam jumlah normal, tidak ada bukti bahwa obat tersebut bermanfaat untuk gejala gangguan spektrum autisme, dan suplemennya bisa mahal. Bicaralah dengan dokter Anda tentang vitamin dan suplemen lain dan dosis yang sesuai untuk anak Anda.
  • Akupuntur. Terapi ini telah digunakan dengan tujuan untuk memperbaiki gejala gangguan spektrum autisme, namun efektivitas akupunktur belum didukung oleh penelitian.

Beberapa pengobatan pelengkap dan alternatif tidak memiliki bukti bahwa keduanya bermanfaat dan berpotensi berbahaya. Contoh pengobatan komplementer dan alternatif yang tidak direkomendasikan untuk gangguan spektrum autisme meliputi:

  • Terapi khelasi. Perawatan ini dikatakan dapat menghilangkan merkuri dan logam berat lainnya dari tubuh, tetapi tidak ada kaitan yang diketahui dengan gangguan spektrum autisme. Terapi khelasi untuk gangguan spektrum autisme tidak didukung oleh bukti penelitian dan bisa sangat berbahaya. Dalam beberapa kasus, anak-anak yang diobati dengan terapi kelasi telah meninggal.
  • Perawatan oksigen hiperbarik. Oksigen hiperbarik adalah perawatan yang melibatkan pernapasan oksigen di dalam ruang bertekanan. Perawatan ini belum terbukti efektif dalam mengobati gejala gangguan spektrum autisme.
  • Infus imunoglobulin intravena. Tidak ada bukti bahwa penggunaan infus imunoglobulin intravena memperbaiki gangguan spektrum autisme, dan FDA belum menyetujui produk imunoglobulin untuk penggunaan ini.

Mengatasi dan mendukung

Membesarkan anak dengan gangguan spektrum autisme dapat melelahkan secara fisik dan menguras emosi. Saran ini mungkin membantu:

  • Temukan tim profesional tepercaya. Sebuah tim, yang dikoordinasikan oleh dokter Anda, mungkin termasuk pekerja sosial, guru, terapis, dan manajer kasus atau koordinator layanan. Para profesional ini dapat membantu mengidentifikasi dan mengevaluasi sumber daya di wilayah Anda dan menjelaskan layanan untuk anak-anak dan orang dewasa penyandang cacat.
  • Simpan catatan kunjungan dengan penyedia layanan. Anak Anda mungkin melakukan kunjungan, evaluasi dan pertemuan dengan banyak orang yang terlibat dalam pengasuhannya. Simpanlah file pertemuan dan laporan ini secara teratur untuk membantu Anda memutuskan tentang pilihan pengobatan dan memantau kemajuan.
  • Pelajari tentang gangguan tersebut. Ada banyak mitos dan kesalahpahaman tentang gangguan spektrum autisme. Mempelajari kebenaran dapat membantu Anda lebih memahami anak Anda dan upayanya untuk berkomunikasi.
  • Luangkan waktu untuk diri sendiri dan anggota keluarga lainnya. Merawat anak dengan gangguan spektrum autisme dapat memberi tekanan pada hubungan pribadi Anda dan keluarga. Untuk menghindari kelelahan, luangkan waktu untuk bersantai, berolahraga, atau menikmati aktivitas favorit Anda. Cobalah untuk menjadwalkan waktu berduaan dengan anak-anak Anda yang lain dan rencanakan malam kencan dengan pasangan atau pasangan Anda – bahkan jika itu hanya menonton film bersama setelah anak-anak pergi tidur.
  • Carilah keluarga anak-anak lain dengan gangguan spektrum autisme. Keluarga lain yang berjuang dengan tantangan gangguan spektrum autisme mungkin memiliki saran yang berguna. Beberapa komunitas memiliki kelompok dukungan untuk orang tua dan saudara kandung dari anak-anak dengan gangguan tersebut.
  • Tanyakan kepada dokter Anda tentang teknologi dan terapi baru. Peneliti terus mengeksplorasi pendekatan baru untuk membantu anak-anak dengan gangguan spektrum autisme.

 

Baca lainnya: Yang perlu Anda ketahui tentang ADHD

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *