Kesehatan Mental Digital

Kesehatan Mental Digital

Kesehatan mental digital

Di Inggris, 38 juta orang dewasa mengakses internet setiap hari. Itu adalah 76% dari populasi orang dewasa. Rata-rata, pengguna internet berusia 16 ke atas menghabiskan lebih dari 20 jam untuk online setiap minggu. Dan lebih dari 70% memiliki profil jejaring sosial.

Dengan pertumbuhan internet, ruang online, dan aplikasi ponsel cerdas, layanan kesehatan mulai menggunakan teknologi yang berkembang. Ini Dapat membantu memantau kesehatan dan mencegah serta menangani masalah apa pun. Kesehatan digitalĀ  adalah konsep yang luas dan beragam yang mencakup penggunaan teknologi untuk pencatatan digital, sistem pemesanan online, resep berulang online dan beberapa penggunaan teknologi yang lebih inovatif untuk pengobatan langsung.

Meskipun dapat diterapkan untuk kesehatan fisik, terdapat langkah-langkah penggunaan kesehatan digital untuk kesehatan mental sebagai cara menggunakan IT untuk mendukung dan meningkatkan kesehatan mental, termasuk penggunaan sumber daya online, media sosial, dan aplikasi ponsel cerdas. Kesehatan mental digital memiliki dan dapat dikaitkan dengan manfaat seperti peningkatan akses ke layanan, termasuk swadaya online dan pengurangan hambatan seperti stigma.

Bukti menunjukkan bahwa e-health memberikan potensi untuk menjangkau klien dengan cara yang dapat diakses dan bermakna. Meskipun ada bukti untuk efektivitas layanan kesehatan e-mental, sebuah studi menemukan bahwa mayoritas orang tidak menyadari terapi berbasis web. Dan bahwa ada kesadaran rendah tentang kesehatan e-mental secara lebih luas.

Jenis kesehatan mental digital?

Beberapa jenis kesehatan mental digital, termasuk:

Swadaya online

Tidak semua orang merasa mereka membutuhkan atau siap untuk berbicara dengan seseorang untuk mendapatkan bantuan profesional. Alternatifnya adalah terlibat dengan beberapa dari banyak sumber daya online untuk memungkinkan orang terlibat dengan bantuan mandiri. Ini dapat melibatkan penggunaan informasi untuk memahami kesehatan mental. Menggunakan panduan manajemen diri secara online atau menggunakan papan pesan atau program online untuk dukungan langsung.

Sumber daya bantuan mandiri online dapat digunakan dalam privasi rumah Anda sendiri, sesuai jadwal dan kecepatan Anda sendiri, dan tidak ada daftar tunggu – jadi lebih praktis untuk banyak orang. Dokter umum Anda mungkin dapat meresepkan online mandiri sumber daya bantuan atau badan amal lokal mungkin memiliki sumber daya yang tersedia.

Beberapa sumber swadaya online memang dikenai biaya. Oleh karena itu sebaiknya bicarakan dengan dokter umum Anda atau profesional yang dapat memberi tahu Anda sumber mana yang cocok untuk masalah kesehatan mental Anda.

E-Therapy/Terapi elektronik

Terapi elektronik adalah program yang menggunakan internet atau perangkat seluler untuk memberikan intervensi interaktif. Terapi ini dapat mencegah dan mengobati depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya.

E-therapy yang paling sering menggunakan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) biasanya dilakukan selama beberapa minggu atau bulan. Mereka biasanya melibatkan pengguna menyelesaikan modul atau latihan sambil menerima umpan balik tentang kemajuan mereka. Jenis terapi ini dapat menggunakan papan pesan, pesan instan dengan terapis, atau menawarkan terapi langsung melalui platform panggilan video seperti whatsapp, zoom dan sejenisnya.

E-terapi menunjukkan manfaat klinis yang cukup besar, terutama dalam pengobatan depresi dan kecemasan.

Perawatan campuran

Perawatan campuran melibatkan kombinasi perawatan tatap muka dengan sesi online. Ini bisa berupa sesi perawatan online dengan penyampaian terstruktur dan pemantauan informasi perawatan inti dan latihan, di samping sesi tatap muka tambahan. Dalam sesi tatap muka, terapis dapat menawarkan perawatan yang disesuaikan dengan menanggapi kebutuhan, masalah, atau keinginan pasien secara nyata.

Pendekatan ini diyakini bermanfaat karena memungkinkan kontak langsung dengan terapis. Namun, elemen online membantu mendorong pasien untuk mengambil peran aktif dalam pengobatan yang dapat membantu mendukung pengembangan keterampilan manajemen diri.

Informasi online

Penelitian telah menemukan bahwa lebih dari 90% orang dewasa dengan akses internet menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan informasi. Oleh karena itu, sebagian besar dari kita menggunakan sumber online untuk membantu kita membuat keputusan. Dari dewasa muda berusia 18-29 tahun yang mencari informasi kesehatan secara online , 33% mencari informasi tentang masalah kesehatan mental, 38% mencari informasi tentang resep atau obat bebas, dan 34% mencari pengobatan alternatif atau obat-obatan.

Selain itu, mereka dengan diagnosis kesehatan mental menggunakan internet untuk mencari informasi tentang diagnosis mereka, pilihan pengobatan yang berbeda, dan efek samping pengobatan. Dengan bukti yang menunjukkan peningkatan permintaan akan sumber daya kesehatan online, penting bagi mereka yang mendukung individu yang rentan untuk memastikan bahwa kualitas layanan online tetap terjaga

Mengapa menggunakan kesehatan mental digital?

5 alasan seseorang mungkin ingin menggunakan layanan kesehatan mental elektronik:

  • Sumber daya kesehatan mental digital dapat tersedia sepanjang waktu sehingga dapat disesuaikan dengan waktu dan jadwal Anda.
  • Karena layanan dapat diakses secara online melalui komputer, smartphone atau tablet, kesehatan mental digital dapat digunakan untuk siapa saja. Maupun seseorang yang tidak ingin bertemu secara tatap muka dengan terapis, atau siapa saja yang merasa sulit untuk tinggal dirumah.
  • Karena terapi bicara seringkali memiliki daftar tunggu, layanan ini dapat digunakan saat menunggu layanan tatap muka. Alih-alih mengganti layanan tradisional, sumber daya kesehatan mental elektronik dapat menawarkan dukungan selama waktu tunggu ini.
  • Dengan online berarti layanan dapat ditawarkan kepada orang-orang di daerah pedesaan yang mungkin kesulitan mengakses layanan secara tatap muka karena jarak yang jauh.
  • Pendekatan online atau campuran kemungkinan besar hemat biaya, dan mungkin dapat mengurangi biaya langsung pengobatan dibandingkan dengan pengobatan seperti biasa.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *