Skizofreniform berbeda dengan skizofrenia

skizofreniform

Skizofreniform

Gangguan skizofreniform adalah jenis penyakit psikotik dengan gejala yang mirip dengan skizofrenia, tetapi berlangsung kurang dari 6 bulan.

Seperti skizofrenia, gangguan skizofreniform adalah jenis “psikosis” di mana seseorang tidak dapat membedakan apa yang nyata dari apa yang dibayangkan. Ini juga memengaruhi cara orang berpikir, bertindak, mengekspresikan emosi, dan berhubungan dengan orang lain.

Jika gejala berlangsung lebih lama dari 6 bulan, dokter menganggap orang tersebut menderita skizofrenia daripada gangguan skizofreniform.

Gejala skizofreniform

Seperti skizofrenia, gejalanya termasuk:

  • Delusi
  • Halusinasi (melihat, mendengar, atau merasakan hal-hal yang tidak nyata)
  • Ucapan tidak teratur, seperti tidak masuk akal, dan melompat-lompat dari satu topik ke topik lainnya
  • Perilaku ganjil atau aneh, seperti mondar-mandir, berjalan berputar-putar, atau menulis terus-menerus
  • Kekurangan energi
  • Kebiasaan kebersihan dan perawatan yang buruk
  • Kehilangan minat atau kesenangan dalam hidup
  • Penarikan diri dari keluarga, teman, dan aktivitas sosial

Penyebab Skizofreniform

Berbagai faktor mungkin terlibat, termasuk:

  • Genetika: Kecenderungan untuk mengembangkan skizofrenia dan gangguan skizofreniform dapat diturunkan dari orang tua ke anak-anak mereka.
  • Struktur dan fungsi otak: Orang dengan skizofrenia dan gangguan skizofreniform mungkin mengalami gangguan pada sirkuit otak yang mengatur pemikiran dan persepsi.
  • Lingkungan: Hubungan yang buruk atau peristiwa yang sangat menegangkan dapat memicu gangguan tersebut pada orang yang mewarisi kecenderungan untuk mengembangkan penyakit tersebut.

Seberapa Umum Itu?

Sekitar satu dari 1.000 orang mengalami gangguan skizofreniform selama hidupnya. Gangguan ini terjadi pada pria dan wanita, meskipun sering menyerang pria pada usia yang lebih muda, antara usia 18 dan 24. Pada wanita, paling sering terjadi antara usia 24 dan 35.

Diagnosa

Jika seseorang memiliki gejala, dokter mungkin menggunakan berbagai tes – seperti pencitraan otak (seperti pemindaian MRI) atau tes darah – untuk menyingkirkan masalah medis nonpsikiatri.

Jika dokter tidak menemukan alasan fisik untuk gejala tersebut, ia dapat merujuk orang tersebut ke psikiater atau psikolog, profesional kesehatan mental yang terlatih untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit mental. Mereka menggunakan alat wawancara dan penilaian yang dirancang khusus untuk melihat apakah seseorang memiliki gangguan psikotik. Untuk diagnosis, gejalanya hanya bisa berlangsung kurang dari 6 bulan.

Pengobatan

Pengobatan dan psikoterapi (sejenis konseling) keduanya digunakan. Orang dengan gejala parah atau yang berisiko melukai diri sendiri atau orang lain mungkin perlu dirawat di rumah sakit untuk mengendalikan kondisinya.

Pengobatan: Obat antipsikotik adalah obat utama yang digunakan dokter untuk mengobati gejala psikotik dari gangguan skizofreniform, seperti delusi, halusinasi, dan gangguan pikiran.

Psikoterapi: Tujuannya adalah untuk membantu orang tersebut mengenali dan belajar tentang penyakit dan pengobatannya, menetapkan tujuan, dan mengelola masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kondisi tersebut. Ini juga dapat membantu orang tersebut menangani perasaan tertekan yang terkait dengan gejala. Terapi keluarga dapat membantu penderita secara lebih efektif.

Diharapkan

Orang dengan gangguan skizofreniform sembuh dalam 6 bulan. Jika gejalanya tidak membaik, orang tersebut kemungkinan menderita skizofrenia, yang merupakan penyakit seumur hidup. Menurut American Psychiatric Association, sekitar dua pertiga orang dengan gangguan skizofreniform terus mengembangkan skizofrenia.

Dapatkah Gangguan Skizofreniform Dicegah?

Tidak ada cara untuk mencegah gangguan skizofreniform. Tetapi diagnosis dan pengobatan dini sangat penting, karena dapat membantu membatasi kerusakan pada kehidupan orang tersebut, keluarga, dan hubungan lainnya.

 

Baca lainnya: Gangguan bipolar dan skizofrenia: perbedaanya

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *