Apa Pilihan Pengobatan Kecanduan Saya?

Bagi banyak orang, langkah pertama menuju pemulihan adalah mengakui perjuangan pribadi mereka melawan ketergantungan zat. Langkah selanjutnya adalah menemukan program perawatan yang dapat membantu memulihkan kesehatan, kesejahteraan, dan kebahagiaan mereka secara keseluruhan.

Ada banyak sekali pilihan perawatan yang dapat dipilih seseorang. Misalnya, beberapa orang dengan bentuk kecanduan parah memasuki program detoks sebelum beralih ke rehabilitasi. Orang lain mungkin memilih untuk memulai pemulihan di fasilitas rawat inap atau rawat jalan. Setelah perawatan, disarankan untuk terus memperkuat pelajaran yang didapat di rehabilitasi dengan menghadiri kelompok pendukung dan sesi terapi.

Ingat: tidak ada pendekatan “satu untuk semua” dalam pemulihan kecanduan. Apa pun jalur perawatan yang Anda pilih, pastikan jalur tersebut memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membantu Anda mencapai pemulihan yang sukses.

Memulihkan diri dari kecanduan tidaklah mudah. Diperlukan kemauan dan disiplin diri yang tinggi untuk mencapai dan mempertahankan ketenangan jangka panjang. Namun, Anda tidak pernah sendirian dalam perjalanan ini. Selama rehabilitasi, Anda akan membangun hubungan yang kuat dengan orang lain dalam pemulihan yang dapat memahami apa yang Anda alami. Selain itu, keluarga, teman, dan orang yang Anda cintai memiliki kepentingan terbaik selama ini.

Pemulihan Anda dari kecanduan bergantung pada seberapa banyak yang Anda masukkan ke dalam proses tersebut. Temukan cara penanganan kecanduan di bawah ini untuk lebih memahami apa yang ada di depan.

Jenis Perawatan
Program pengobatan berbeda untuk setiap individu dan dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan situasi unik mereka. Jenis program pengobatan yang paling efektif memastikan bahwa individu dalam pemulihan terlibat secara aktif di setiap langkah.

Rehabilitasi Rawat Inap
Rehabilitasi rawat inap menawarkan program perawatan terstruktur yang dirancang untuk mengatasi semua aspek kecanduan individu. Selama rehabilitasi rawat inap, pasien tinggal di fasilitas bebas zat dan menerima perawatan medis dan dukungan terapeutik sepanjang waktu.

Rehabilitasi rawat inap adalah pilihan terbaik bagi individu yang berjuang melawan kecanduan kronis, serta mereka yang menderita gangguan mental atau perilaku yang terjadi bersamaan.

Rehabilitasi Rawat Jalan
Rehabilitasi rawat jalan adalah bentuk lain dari perawatan kecanduan komprehensif. Program-program ini menawarkan banyak jenis perawatan dan terapi efektif yang sama seperti rehabilitasi rawat inap. Namun, rehabilitasi rawat jalan memungkinkan pasien untuk tinggal di rumah selama proses pemulihan. Pasien dapat terus bekerja dan merawat keluarga mereka sambil menghadiri sesi perawatan yang dijadwalkan sepanjang minggu.

Penting untuk diingat bahwa rehabilitasi rawat jalan tidak memisahkan pasien dari dunia nyata; oleh karena itu, pasien berisiko lebih besar menghadapi pemicu yang mengganggu ketenangan mereka. Karena itu, rehabilitasi rawat jalan paling cocok untuk individu dengan bentuk kecanduan ringan dan pendekatan pemulihan yang berkomitmen dan disiplin. Program rawat jalan juga merupakan program “step-down” yang sangat baik setelah perawatan rawat inap dan sering digabungkan dengan rumah tinggal yang tidak mabuk.

Detoksifikasi Obat dan Alkohol
Detoksifikasi membantu orang dengan aman menarik diri dari obat-obatan atau alkohol sampai tidak lagi ada dalam sistem mereka. Ini sering kali merupakan langkah pertama dalam merawat individu yang pulih dari bentuk kecanduan sedang hingga parah.

Dalam beberapa kasus, detoksifikasi dari obat-obatan tertentu memerlukan terapi dengan bantuan pengobatan untuk membantu meringankan gejala putus obat yang parah. Pengobatan yang diresepkan selama detoks sering dikurangi hingga pasien tidak lagi bergantung secara fisik pada zat adiktif.

Rumah Hidup yang Sadar
Rumah tinggal yang tenang beroperasi sebagai jembatan hunian antara pusat perawatan rawat inap dan kembali ke kehidupan normal. Ini adalah pilihan yang bagus untuk orang-orang dalam pemulihan yang membutuhkan waktu tambahan untuk memperkuat apa yang telah dipelajari di rehabilitasi. Rumah tinggal yang tenang membantu orang dalam pemulihan memperkuat kebiasaan baru mereka yang sehat sambil tetap berada dalam kenyamanan lingkungan yang terstruktur.

Pengobatan Pengobatan Kecanduan
Selama detoksifikasi dan selama perawatan, pasien mungkin diberi resep obat untuk membantu proses pemulihan. Obat-obatan ini digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk mengelola gejala penarikan, mengurangi keinginan ngemil, atau mengobati gangguan yang terjadi bersamaan. Pengobatan untuk pengobatan kecanduan memiliki hasil yang paling efektif bila diminum bersama dengan program pengobatan yang komprehensif.

Bagaimana Melakukan Intervensi
Intervensi terjadi antara orang yang dicintai dan orang yang menderita kecanduan, dan sering kali diawasi oleh spesialis intervensi. Ide di balik intervensi adalah untuk membantu orang yang dicintai mengekspresikan perasaan mereka dengan cara yang konstruktif dan mendorong seseorang yang melawan kecanduan untuk mengikuti program pengobatan.

Pengobatan Berbasis Keyakinan
Beberapa orang lebih memilih pendekatan yang lebih spiritual untuk pemulihan mereka. Pusat rehabilitasi berbasis agama menyediakan program dan fasilitas khusus yang berpusat di sekitar iman. Dalam jenis program rehabilitasi ini, orang-orang dalam pemulihan dapat mengelilingi diri mereka sendiri dengan individu yang berpikiran sama yang mencari bimbingan dari kekuatan yang lebih tinggi untuk tetap kuat dalam perjalanan ke depan.

sumber: addictioncenter.com/treatment/

baca lainnya: Pendekatan berorientasi pemulihan

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *