Tips Agar Anda Terbebas Dari Overthinking

overthinking

Segera Hilangkan Overthinking Anda Sebelum Merusak Mental dan Diri Anda

Overthinking diganggu oleh pikiran yang menyusahkan dan ketidakmampuan untuk keluar dari pikiran anda sendiri sehingga membuat anda merasakan dalam keadaan kegelisahan dan kekhawatiran yang terus – menerus.

Banyak orang bertanya pada dirinya sendiri, “Mengapa saya terlalu banyak berpikir(overthinking)?” dan mereka tidak pernah pernah menemukan jawaban. Padahal stress, kegelisan, dan kekhawatiran adalah sebuah emosi dan harus dapat mengendalikan emosi tersebut.

Kunci untuk mengatasi overthinking ini adalah mengidentifikasi apa yang menyebabkan Anda terlalu banyak berpikir(overthinking), lalu ambil tindakan tegas untuk mengubahnya. Mungkin itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi dengan latihan yang konsisten, anda pasti bisa mengatasi masalah overthinking tersebut.

Berikut tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi overthinking:

  1. Perhatikan Saat Anda Terlalu Banyak Berpikir

Kesadaran adalah langkah pertama untuk mengakhiri pemikiran berlebihan(Overthinking). Mulailah memperhatikan cara Anda berpikir. Saat Anda menyadari diri Anda mengulang peristiwa dalam pikiran Anda berulang kali, atau mengkhawatirkan hal – hal yang tidak dapat Anda kendalikan, akui bahwa pikiran Anda tidak produktif.

  1. Fokus mencari solusi

Memikirkan masalah tidak membantu Anda, tetapi mencari solusinya sangat dapat membantu. Tanyakan pada diri Anda langkah apa yang dapat Anda ambil untuk belajar dari kesalahan. Alih – alih bertanya mengapa sesuatu terjadi, tanyakan pada diri Anda apa yang dapat Anda lakukan.

  1. Belajar dari pengalaman

Tidak mungkin untuk mengulangi hari kemarin atau mengkhawatirkan hari esok ketika Anda hidup di masa sekarang. Berkomitmen untuk menjadi lebih sadar di sini dan saat ini. Belajar dari sebuah pengalaman membutuhkan latihan, seperti keterampilan lainnya, tetapi seiring waktu, hal itu dapat mengurangi pemikiran berlebihan.

  1. Mengubah kebiasaan

Menyuruh diri sendiri untuk berhenti memikirkan sesuatu bisa menjadi bumerang. Semakin Anda mencoba untuk menghindari pikiran yang memasuki otak Anda, semakin besar kemungkinannya pikiran lain untuk terus bermunculan. Menyibukkan diri Anda dengan suatu aktifitas adalah cara terbaik untuk mengubah kebiasaan. Latihan, terlibat dalam percakapan tentang subjek yang sama

 

Baca juga: Kenali Jenis Insecure dan Cara Mengatasinya

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *