Pendekatan berorientasi pemulihan

recovery oriented approach?

Apa yang dimaksud dengan pendekatan berorientasi pemulihan?

Sekilas

Pemulihan adalah “pencapaian keadaan optimal dari kesejahteraan pribadi, sosial, dan emosional, sebagaimana didefinisikan oleh setiap individu, saat hidup dengan atau memulihkan diri dari masalah kesehatan mental”. (NDIS)

Prinsip-prinsip pendekatan berorientasi pemulihan mencakup pemahaman bahwa setiap orang berbeda dan harus didukung untuk membuat pilihan mereka sendiri, didengarkan dan diperlakukan dengan bermartabat dan hormat. Setiap orang adalah ahli dalam hidupnya sendiri dan dukungan harus membantu mereka mencapai harapan, tujuan, dan aspirasi mereka. Pemulihan akan memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

Pendekatan pemulihan harus mendorong semua yang Anda lakukan sebagai pekerja pendukung dan tercermin dalam sikap, kata-kata, dan tindakan Anda. Ini berarti bersikap hormat dan tidak menghakimi, dan menggunakan kata-kata yang mudah dipahami (tanpa jargon).

Dalam pendekatan berorientasi pemulihan, Anda harus:

  • Mendukung setiap orang untuk memiliki kendali atas hidup mereka terlepas dari pengalaman emosional mereka.
  • Melihat setiap orang sebagai individu dan tidak hanya fokus pada kondisi kesehatan mental mereka.
  • Mengakui perbedaan individu, seperti usia, jenis kelamin, budaya, kepercayaan, dan jaringan dukungan.
  • Cobalah untuk memahami situasi dan pengalaman setiap individu, karena setiap orang berbeda.
  • Memahami bahwa kondisi kesehatan mental sangat bervariasi dari orang ke orang, termasuk seberapa sering seseorang mengalami periode tidak sehat dan untuk berapa lama telah berlansung.
  • Ingatlah bahwa perjalanan setiap orang tidak mungkin berupa jalan yang lurus, tetapi lebih cenderung merupakan campuran pencapaian dan kemunduran.
  • Optimis dan dukung orang tersebut untuk memiliki kehidupan yang bermakna, berdasarkan pilihan, tujuan, kekuatan, dan kemampuannya sendiri.
  • Membantu membangun kemandirian.

Karenanya, penting bagi mereka yang ingin memulihkan diri dari masalah kesehatan mental untuk konsultasi dan berdiskusi dengan psikolog terkait intervensi yang tepat untuk mereka.

Silahkan unduh aplikasi jasa sehat atau hubungi kontak yang tersedia untuk berkonsultasi dengan psikolog kami. Kami siap membantu anda.

Sumber: health.nsw.gov.au

Baca lainnya: Model Pemulihan Penyakit Mental: Pendekatan Pelengkap untuk Perawatan Psikiatri

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *