Overthinking dapat mempengaruhi kesehatan anda !

overthinking

Kendalikan Pikiran Anda Agar Terhindar dari Overthinking

Berpikir adalah naluri manusia. Wajar jika Anda asyik dalam memikirkan hal – hal tertentu. Overthinking dapat diartikan sebagai perilaku memikirkan segala sesuatu secara berlebihan. Overthinking atau berpikir berlebihan bukanlah istilah medis, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan itu dapat berdampak nyata pada kesejahteraan kita. Banyak riset mengatakan bahwa overthinking sering terjadi kepada wanita. Tapi, pria tetap bisa mengalami hal serupa.

Sering kali, terlalu berpikir berlebihan dapat melibatkan fokus pada hal negatif seperti mengulangi masa lalu, memikirkan pengalaman buruk, atau mengkhawatirkan masa depan. Hal tersebut dapat merusak hidup anda atau benar – benar merusak fungsi sehari – hari anda. Overthinking juga dapat memengaruhi kesehatan fisik. Beberapa orang yang menghadapi overthinking yang mengarah ke pikiran negatif mengalami sakit kepala, sakit tubuh, masalah perut dan beberapa penyakit lainnya. Overthinking juga sering dikaitkan dengan masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, stres pascatrauma, dan gangguan kepribadian.

Berikut ciri – ciri overthinking (berpikir berlebihan):

  1. Mengingat kembali momen memalukan berulang kali;
  2. Sulit tidur karena rasanya otak tidak bisa tenang atau tidak mau beristirahat;
  3. Selalu bertanya pada diri sendiri;
  4. Menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan makna tersembunyi dari perkataan orang lain atau peristiwa yang terjadi;
  5. Terus – menerus mengingat kesalahan yang terjadi di masa lalu;
  6. Ketika seseorang mengatakan atau bertindak dengan cara yang tidak saya sukai, saya terus mengulanginya dalam pikiran saya;
  7. Terkadang tidak menyadari apa yang terjadi di sekitar. Karena, sibuk memikirkan hal – hal yang terjadi di masa lalu atau mengkhawatirkan hal – hal yang mungkin terjadi di masa depan;
  8. Menghabiskan banyak waktu untuk mengkhawatirkan hal – hal yang tidak dapat di kendalikan;
  9. Sulit mengalihkan pikiran dari kekhawatiran saya.

Memikirkan hasil terburuk yang mungkin terjadi bisa menjadi bentuk perlindungan diri yang salah arah.

Jika anda menyadari bahwa anda cenderung terjebak dalam pemikiran yang berlebihan, jangan putus asa. Ambil langkah – langkah yang tepat untuk mendapatkan kembali waktu, energi, dan kekuatan otak Anda.

 

Baca juga: Tips Agar Terbebas Overtinking

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *