Rehabilitasi Gangguan Jiwa (3)

Indonesia belum mempunyai Terapi atau untuk itu, kebagaimana diuraikan pada tulisan sebelumnya, rehabilitasi gangguan jiwa tidak cukup hanya dengan memberikan obat. Mereka perlu mempunyai harapan, kontrol atas kehidupannya, dan dukungan sosial.

Dukungan layanan sosial (social care support).

Kalian mungkin berhak mendapatkan bantuan dari layanan sosial. Dukungan sosial dapat mencakup dukungan untuk membantu kalian melakukan hal-hal seperti:

  • Jalan jalan  keluar dari rumah,
  • tetap berhubungan dengan teman dan keluarga,
  • mendapatkan pekerjaan atau mengikuti pendidikan,
  • menyiapkan makanan atau pergi berbelanja,
  • dan mengelola uang. 

Stabilitas

Kekhawatiran akan kekurangan uang dan perumahan dapat menyebabkan banyak stres dan memperburuk masalah kesehatan mental. Keuangan yang aman dan tempat tinggal yang cocok bisa menjadi penting untuk pemulihan kalian. Dapatkan bantuan lebih awal jika kalian mulai memiliki masalah uang atau perumahan. Jika kalian mengabaikan masalah, kemungkinan besar masalah tersebut akan hilang dengan sendirinya, tapi  mungkin menjadi lebih buruk.

Hubungan (relationship)

Kontak dengan orang lain dapat membantu kalian untuk tetap sehat. Sebagai mahluk sosial, memang kalian perlu untuk selalu melakukan kontak dengan orang lain. Berbagai bentuk hubungan atau kontak dengan orang lain, yaitu: 

  • Tatap muka. Anda bisa mengunjungi teman.
  • On line. Anda dapat menggunakan program online gratis seperti ‘Skype’ atau ‘WhatsApp’ untuk berbicara dengan keluarga atau teman.
  • Forum online. Didalam forum online orang bisa ngobrol atau berbicara tentang suatu subjek.
  • Panggilan telepon.
  • Pesan teks.
  • Surel (surat elektronik).
  • Surat.

Kalian tidak perlu membicarakan penyakit mental kalian kecuali kalian menginginkannya. Berbicara dengan orang lain tentang apa pun yang kalian  suka dapat berdampak positif pada kesehatan mental kalian. Jika kalian ingin lebih banyak berhubungan dengan orang lain, berikut ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan:

  • Kembali berhubungan dengan orang yang sudah Anda kenal.
  • Bergabung dengan kelompok pendukung.
  • Ikuti forum online.
  • Kunjungi kelompok sosial seperti melalui “grup WA, , grup FB’
  •  Kunjungi perguruan tinggi pemulihan (recovery college), kursus bagi penderita gangguan jiwa dalam proses pemulihan.
  • Menjadi sukarelawan dengan badan amal yang kalian pedulikan.
  • Hubungi layanan pertemanan.
  • Carilah kelas atau klub lokal yang kalian minati.
  • Dapatkan bantuan dari  otoritas lokal.
  • Bicaralah dengan saluran dukungan emosional (nomor telpon yang memberikan dukungan emosional).
  • Mulailah bekerja atau ikut pelatihan.

Dukungan dari teman dan keluarga.

Teman dan anggota keluarga dapat menawarkan dukungan kepada kalian dan membantu membangun harapan untuk masa depan kalian. Kalian dapat memberi tahu mereka tentang rencana perawatan apa pun yang kalian miliki dan memberi tahu mereka tentang tujuan apa pun yang kalian miliki. Mereka mungkin dapat menawarkan dukungan yang lebih baik jika mereka memahami penyakit kalian. Untuk itu, sebaiknya kalian meminta mereka membaca informasi tentang penyakit yang kalian derita..  

Intervensi keluarga.

Ini adalah terapi di mana kalian dan keluarga kalian bekerja dengan profesional kesehatan mental untuk membantu mengelola hubungan antar anggota keluarga. Orang-orang yang tinggal dengan kalian atau dengan siapa kalian berhubungan dekat perlu mendapat tawaran program intervensi keluarga. Dukungan yang kalian dan keluarga kalian berikan akan bergantung pada masalah apa yang ada dan preferensi apa yang kalian semua miliki. Ini bisa berupa sesi kelompok keluarga  atau sesi individu. Intervensi keluarga berlangsung selama 3 bulan hingga 1 tahun dan harus mencakup setidaknya 10 sesi.

Hubungan Buruk .

Sayangnya, tidak semua hubungan itu positif. Penting untuk mengetahui kapan hubungan kalian dengan orang lain berdampak negatif pada kalian. Membuat buku harian suasana hati dapat membantu kalian mengidentifikasi orang-orang yang membuat kalian merasa tidak enak badan atau stres.

Kelompok pendukung

Bergabung dengan kelompok pendukung bisa menjadi cara yang baik untuk membantu diri kalian sendiri. Kelompok pendukung mungkin memberi kalian harapan untuk masa depan atau membantu kalian mengendalikan hidup kalian. Mereka adalah tempat di mana kalian dapat berbagi pengalaman dengan orang lain dan mendapatkan dukungan timbal balik.

Pengobatan

Pemberian obat yang tepat penting bagi banyak orang yang menderita gangguan jiwa. Pemberian obat seringkali merupakan langkah pertama menuju pemulihan. Seringkali , dokter memberi obat yang berbeda-beda untuk gejala yang sama.  Oleh karena itu, kalian dapat memulai perjalanan pemulihan kalian dengan menemukan obat yang membantu gejala kalian dan memiliki paling sedikit efek samping untuk kalian. Obat bermanfaat bagi banyak orang tetapi tidak semua orang membutuhkannya untuk pulih. Jika kalian menggunakan obat-obatan, atau sedang berpikir untuk menggunakan obat-obatan, penting untuk diingat bahwa obat tersebut mungkin tidak langsung bekerja. Pilihan pengobatan lain mungkin penting bagi Anda seperti:

  • terapi bicara,
  • mindfulness,
  • terapi seni atau,
  • terapi komplementer. 

Resep Sosial

Resep sosial adalah pilihan non-medis untuk membantu meningkatkan kesejahteraan kalian. Kalian dapat berbicara dengan dokter kalian tentang pekerja tautan (pekerja yang mendukung kerja kalian). Indonesia belum mempunyai program pekerja tautan belum.  Seorang pekerja tautan akan bekerja dengan kalian untuk mencari tahu apa yang penting bagi kalian. Mereka dapat menghubungkan kalian dengan dukungan lokal seperti: kelompok kegiatan, kelompok pendukung, layanan, seperti amal, dan layanan sosial.

Recovery College

Recovery college menawarkan kursus gratis tentang kesehatan mental untuk membantu kalian mengelola gejala kalian. Mereka dapat membantu kalian mengendalikan hidup kalian dan menjadi ahli dalam kesejahteraan dan pemulihan kalian sendiri. Agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, kalian biasanya dapat merujuk sendiri ke recovery college. Jika kalian memiliki tim perawatan, perguruan tinggi mungkin memberi tahu mereka bahwa kalian akan hadir. Sayangnya, Indonesia belum mempunyai program  akademi pemulihan.  

Gaya hidup

Membuat perubahan kecil dalam gaya hidup dapat meningkatkan kesejahteraan kalian dan membantu pemulihan kalian.

Kegiatan Rutin

Rutinitas dapat membantu meningkatkan kesejahteraan mental kalian. Ini akan membantu memberi struktur pada hari kalian dan mungkin memberi kalian rasa tujuan. Kegiatan  rutin sederhana yang dapat mendukung proses rehabilitasi adalah kegiatan seperti makan pada waktu yang sama setiap hari, tidur di waktu yang sama setiap hari dan membeli makanan ke pasar atau toko swalayan sekali seminggu.

Sumber: https://www.rethink.org/advice-and-information/living-with-mental-illness/treatment-and-support/recovery/

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *