Rehabilitasi Gangguan Jiwa (2)

Rehabilitasi gangguan jiwa bertujuan agar seseorang dengan gangguan jiwa dapat kembali berfungsi secara ekonomi dan sosial di masyarakat. Untuk itu, pemberian obat obatan saja tidak cukup. Perlu kegiatan lain yang mendukung.

Apa yang bisa membantu saya pulih?

Kalian akan pulih dengan cara kalian sendiri. Tidak ada cara yang benar atau salah, ini bersifat pribadi. Beberapa orang menyebut proses ini sebagai ‘perjalanan pemulihan’.  Dafta berikut, merupakan daftar kegiatan yang mungkin berguna untuk kalian jelajahi sebagai bagian dari perjalanan pemulihan kalian.

Harapan.

Harapan adalah bagian penting dari pemulihan. Kalian mungkin merasa terbantu dengan membaca cerita dari orang-orang tentang pemulihan mereka. Kalian dapat menemukan informasi ini secara online.

Penerimaan. 

Perjalanan pemulihan  kalian mungkin lebih mudah Jika kalian belajar menerima penyakit kalian dan kesulitan yang ditimbulkannya, perjalanan pemulihan akan berlangsung lebih mudah.  Kalian mungkin harus menerima bahwa ada beberapa hal yang tidak dapat kalian lakukan lagi. Tapi tetap fokus pada apa yang bisa kalian lakukan. Kalian lebih mungkin mencapai tujuan kalian jika itu realistis. Penerimaan dapat membantu kalian membuat perubahan positif dan membantu kalian mencapai tujuan baru. Ini mungkin membantu kalian untuk:
(a) membaca tentang penyakit atau gejala kalian.
(b)  berbicara dengan orang lain yang memiliki masalah serupa. Atau yang memiliki diagnosis yang sama dengan kalian.
(c)  Untuk lebih memahami dan menemukan makna dari pengalaman kalian, kalian perlu mendalami dan menjalankan keyakinan dan praktik spiritual atau agama.  j

Kontrol. 

Kendalikan hidupmu. Kalian mengendalikan diri kalian. Lakukan yang terbaik untuk kalian. Mungkin berguna untuk memikirkan pertanyaan-pertanyaan ini.

  • Apa yang membuat saya bahagia?
  • Bagaimana saya bisa lebih bahagia?
  • Tahun depan, apa yang ingin saya ubah dalam hidup saya?
  • Bagaimana saya bisa melakukannya?
  • Apakah saya memerlukan dukungan untuk melakukannya?
  • Siapa yang dapat mendukung saya?

Kontrol dapat berarti bahwa kalian lebih terlibat dengan pengobatan dan pilihan pengobatan kalian. Seorang penasehat  atau tokoh masyarakat mungkin dapat membantu kalian jika kalian kesulitan untuk membuat pendapat kalian didengar. Untuk itu, bicaralah dengan keluarga , dokter atau ahli kesehatan lainnya jika kalian menginginkan lebih banyak dukungan untuk melakukan apa yang ingin kalian lakukan.

Buku harian suasana hati.

Membuat buku harian atau catatan kesehatan mental  selama beberapa minggu mungkin berguna untuk membantu kalian mengendalikan gejala. Kalian bisa menulis ketika kalian merasa tidak sehat secara mental atau sedang stres. Kalian harus memasukkan hal-hal seperti:

  • Kapan kalian merasa tidak sehat secara mental atau stres?
  • Kejadian apa yang mendahului suasana hati yang tidak enak tersebut?
  • Ketika suasana hati tidak enak itu muncul, kalian hidup sendiri atau dengan seseorang?
  • Bagaimana kalian mengatasi perasaan kalian?

Buku harian suasana hati akan  dapat membantu kalian dalam mengidentifikasi hal-hal yang dapat membuat kalian tidak sehat. Hal-hal ini dikenal sebagai ‘pemicu’. Mengidentifikasi pemicu dapat membantu kalian memiliki kontrol lebih terhadap tingkat stres kalian. 

Mencapai tujuan.

Menetapkan tujuan yang dapat dicapai dapat membantu kalian pulih. Untuk membantu kalian menetapkan tujuan, pikirkan tentang apa yang penting bagi kalian. Ini bisa berupa tujuan seperti, memberi diri kalian  rutinitas dan berpegang teguh pada itu. Atau tujuan seperti mencari teman baru atau mengganti pekerjaan. Setiap tujuan memerlukan usaha yang berbeda-beda. Untuk mencapai beberapa tujuan, akan membutuhkan lebih banyak usaha atau kegiatan daripada tujuan lainnya. Dan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapainya. Pastikan kalian realistis dengan tujuan kalian. Kalian jangan membuat   tujuan yang kemungkinan besar tidak dapat kalian lakukan. Hal ini mungkin berdampak negatif pada kesehatan mental kalian. Apa pun tujuan yang kalian putuskan, pastikan kalian  mematuhi atau melaksanakannya. Tidak ada perbaikan cepat dan perubahan akan memakan waktu.

Sumber: https://www.rethink.org/advice-and-information/living-with-mental-illness/treatment-and-support/recovery/

Bersambung

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *