Memahami Rehabilitasi Gangguan Jiwa (1)

Pengobatan gangguan jiwa belum bisa membuat seorang penderita menjadi sembuh. Hal ini terjadi karena , hingga sekarang, penyebab sakit gangguan jiwa belum ditemukan. Dokter memberikan obat lebih kepada mengobati gejala penyakitnya.

Hal yang sama, dilakukan oleh dokter kepada penderita penyakit hipertensi (darah tinggi). Dokter belum bisa menyembuhkan seseorang yang menderita sakit darah tinggi. Dokter mengobati gejalanya agarĀ  tidak terjadi komplikasi dari penyakit darah tinggi, seperti stroke, gagal jantung, gagal ginjal.

Pada rehabilitasi gangguan jiwa, dikenal istilah pemulihan. Pemulihan adalah proses dimana seorang penderita gangguan jiwa bisa hidup di masyarakat secara produktif. Kondisi kejiwaannya bisa naik turun (seperti tekanan darah yang bisa naik, bila penderita hipertensi lupa minum obat).

Apakah pemulihan itu?

Ada 2 arti berbeda untuk pemulihan, yaitu: pemulihan klinis (clinical recovery), dan pemulihan pribadi (personal recovery). Namun seringkali terjadi tumpang tindih di antara keduanya.

 

Pemulihan klinis. Dokter kalian mungkin telah berbicara dengan Anda tentang ‘pemulihan’. Beberapa dokter dan ahli kesehatan menganggap pemulihan sebagai tidak lagi memiliki gejala kesehatan mental. Terkadang ini disebut ‘pemulihan klinis’. Mengurangi munculnya gejala penting bagi banyak orang. Tapi kami pikir pemulihan lebih luas dari tidak adanya gejala, kami menyebutnya ‘pemulihan pribadi’.

Pemulihan pribadi. Pemulihan pribadi berarti kalian mampu menjalani kehidupan yang bermakna. Pemulihan pribadi adalah menjadi diri sendiri . Apa yang penting bagi kalian, mungkin berbeda dengan apa yang penting bagi orang lain. Jangan takut untuk memikirkan apa yang ingin kalian lakukan dan berusaha untuk mencapai tujuan itu.

Di bawah ini adalah beberapa cara kalian bisa melakukan pemulihan.

  • Mengambil langkah untuk lebih dekat kepada diri kalian yang diinginkan.
  • Merasa menjadi bagian dari komunitas lokal.
  • Mencapai sesuatu yang menurut kalian sulit dilakukan, seperti keluar rumah.
  • Merasa bisa bercermin dan nyaman dengan siapa dan apa yang Anda lihat.
  • Menyukai diri sendiri.
  • Berpikir lebih positif.
  • Merasa puas dengan rencana perawatan Anda.
  • Merasa lebih mengontrol emosi Anda.
  • Memiliki kehidupan sosial yang lebih baik.
  • Mampu menjalin hubungan yang sehat.
  • Memiliki harapan untuk masa depan.

Pemulihan adalah proses yang berkelanjutan. Adalah normal untuk mengalami kesulitan atau kemunduran di sepanjang jalan. Kalian dapat mendeskripsikan diri kalian sebagai ‘pulih’ pada tahap mana pun dalam pemulihan kalian jika kalian merasa segalanya lebih baik daripada sebelumnya.

Bersambung

Sumber: rethink.org

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *