Apakah Saya Bisa Bebas Dari Kecanduan? (2)

UntukObat dan metode apa yang membantu mengobati kecanduan narkoba?

Jenis obat yang berbeda mungkin berguna pada tahap pengobatan yang berbeda untuk membantu pasien menghentikan penyalahgunaan obat, tetap dalam pengobatan, dan menghindari kekambuhan.

 

  • Mengobati putus obat (withdrawal). Ketika pasien pertama kali berhenti menggunakan obat-obatan, mereka dapat mengalami berbagai gejala fisik dan emosional, termasuk gelisah atau sulit tidur, serta depresi, kecemasan, dan kondisi kesehatan mental lainnya. Obat dan perangkat perawatan tertentu mengurangi gejala ini, yang membuatnya lebih mudah untuk menghentikan penggunaan narkoba.
  • Tetap dalam perawatan. Beberapa metode pengobatan¬† dan aplikasi seluler digunakan untuk membantu otak beradaptasi secara bertahap dengan ketiadaan obat. Perawatan ini bekerja secara perlahan untuk membantu mencegah craving (keinginan yg besar) dan memiliki efek menenangkan pada sistem tubuh. Mereka dapat membantu pasien fokus pada konseling dan psikoterapi lain yang terkait dengan perawatan obat mereka.
  • Mencegah kambuh. Sains telah mengajarkan kita bahwa isyarat stres yang terkait dengan penggunaan narkoba (seperti orang, tempat, benda, dan suasana hati), dan kontak dengan narkoba adalah pemicu paling umum untuk kambuh. Para ilmuwan telah mengembangkan terapi untuk menghindari pemicu ini untuk membantu pasien tetap dalam pemulihan.

Pengobatan umum yang digunakan untuk mengobati kecanduan dan penarikan obat:

  • Opioid: Metadon Buprenorfin Naltrexone rilis lama Lofexidine
  • Nikotin: Terapi penggantian nikotin (tersedia sebagai tempelan, inhaler, atau permen karet) Bupropion Varenicline.
  • Alkohol: Naltrexone, Disulfiram, Acamprosate

Bagaimana terapi perilaku menangani kecanduan narkoba?

Terapi perilaku membantu orang-orang dalam pengobatan kecanduan narkoba mengubah sikap dan perilaku mereka terkait dengan penggunaan narkoba. Hasilnya, pasien mampu menangani situasi stres dan berbagai pemicu yang dapat menyebabkan kekambuhan lagi. Terapi perilaku juga dapat meningkatkan efektivitas pengobatan dan membantu orang tetap dalam pengobatan lebih lama.

  • Terapi perilaku kognitif (cognitive behavior therapy) berupaya membantu pasien mengenali, menghindari, dan mengatasi situasi di mana mereka kemungkinan besar akan menggunakan obat-obatan.
  • Manajemen kontingensi menggunakan penguatan positif seperti memberikan penghargaan atau hak istimewa untuk tetap bebas obat, untuk menghadiri dan berpartisipasi dalam sesi konseling, atau untuk minum obat pengobatan sesuai resep.
  • Terapi peningkatan motivasi menggunakan strategi untuk memaksimalkan kesiapan orang untuk mengubah perilaku mereka dan memasuki pengobatan.
  • Terapi keluarga membantu orang (terutama orang muda) dengan masalah penggunaan narkoba, serta keluarga mereka, mengatasi pengaruh pola penggunaan narkoba dan meningkatkan fungsi keluarga secara keseluruhan.
  • Fasilitasi dua belas langkah (TSF) adalah terapi individu yang biasanya diberikan dalam sesi 12 mingguan untuk mempersiapkan orang terlibat dalam program dukungan timbal balik 12 langkah. Program 12 langkah, seperti Alcoholic Anonymous, bukanlah perawatan medis, tetapi memberikan dukungan sosial dan pelengkap untuk perawatan tersebut. TSF mengikuti tema 12 langkah yaitu penerimaan, penyerahan, dan keterlibatan aktif dalam pemulihan.

Bagaimana program pengobatan terbaik membantu pasien pulih dari kecanduan?

Menghentikan penggunaan narkoba hanyalah salah satu bagian dari proses pemulihan yang panjang dan kompleks. Ketika orang memasuki pengobatan, kecanduan sering kali menimbulkan konsekuensi serius dalam hidup mereka, mungkin mengganggu kesehatan mereka dan bagaimana mereka berfungsi dalam kehidupan keluarga, di tempat kerja, dan di masyarakat. Karena kecanduan dapat memengaruhi begitu banyak aspek kehidupan seseorang, pengobatan harus memenuhi kebutuhan seluruh orang agar berhasil. Konselor dapat memilih dari menu layanan yang memenuhi kebutuhan medis, mental, sosial, pekerjaan, keluarga, dan hukum khusus dari pasien mereka untuk membantu pemulihan mereka.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perawatan narkoba, lihat Prinsip-prinsip Perawatan Kecanduan Narkoba: Panduan Berbasis Riset, dan Prinsip Perawatan Gangguan Penggunaan Zat Remaja: Panduan Berbasis Riset.

Sumber: https://www.drugabuse.gov/publications/drugs-brains-behavior-science-addiction/treatment-recovery

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *