Cara membantu anak anda bebas dari narkoba

Informasi terkait narkoba mudah didengar remaja melalui musik, film, berita dan TV. Mereka biasanya mendengarnya secara online, di video YouTube, atau di aplikasi seperti Instagram atau Snapchat. Mungkin mereka melihat orang-orang menggunakan narkoba di jalan atau bahkan di rumah mereka sendiri. Mereka mungkin juga mendengar teman-temannya membicarakan tentang narkoba di sekolah atau bahkan di taman bermain. Masa remaja adalah waktu yang paling mungkin bagi seseorang untuk mencoba narkoba, dan itu dapat menyebabkan masalah narkoba saat mereka besar nanti.
Sebagai orangtua, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak-anak anda menjauhi narkoba dan membuat pilihan yang baik:

  • Bicarakan tentang narkoba dengan anak anda sebelum mereka remaja.

Jelaskan mengapa menggunakan narkoba dapat mengganggu kesehatan, teman dan keluarga, serta masa depan mereka. Katakan kepada mereka bahwa Anda tidak ingin mereka menggunakan obat-obatan yang tidak seharusnya mereka gunakan. Anda juga dapat mengunduh aplikasi jasa sehat atau berbagi situs web jasa sehat untuk pencegahan penggunaan narkoba. Ulangi terus menerus nasihat ini selama masa remaja mereka.

  • Kirim SMS ke anak anda yang mulai beranjak

Kirim pesan teks positif kepada anak remaja anda atau kirimkan SMS setelah Anda melakukan percakapan yang mengingatkan mereka pada pembicaraan Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang bahasa SMS yang populer. Tulis saja caramu berbicara. Katakan kepada mereka bahwa Anda bangga dengan mereka.

  • Jadilah bagian dari hidup mereka.

Menjadi bagian dari hidup anak remaja bisa dengan cara menghabiskan waktu bersama dan berikan anak anda perhatian penuh. Bentuk perhatian penuh kepada mereka dengan cara mematikan TV, ponsel atau komputer anda kemudian benar-benar fokus kepada mereka dan jadilah mendengar yang baik untuk mereka. Ketika nantinya mereka berada dalam masa sulit, mereka tahu bahwa memiliki orang dewasa yang peduli dengan mereka sehingga mereka tidak terfikirkan untuk mengkonsumsi narkoba.

  • Ketahui di mana anak-anak Anda dan apa yang mereka lakukan.

Melacak anak-anak Anda membantu Anda melindungi mereka. Ini memberi mereka lebih sedikit kesempatan untuk masuk ke narkoba.

  • Tetapkan aturan yang jelas dan tegakkan dengan adil.

Anak-anak membutuhkan aturan yang dapat mereka andalkan. Begitulah cara mereka belajar sendiri apa yang aman dan apa yang bisa membuat mereka mendapat masalah. Jelaskan mengapa Anda menetapkan aturan sehingga mereka memahami mengapa itu penting.

  • Jadilah teladan yang baik untuk anak-anak Anda.

Anda mungkin tidak berpikir demikian, tetapi anak-anak memperhatikan perilaku orang tua mereka. Tunjukkan kepada mereka bagaimana Anda bergaul dengan orang-orang disekitar anda dan bagaimana cara anda mengatasi stres. Ini dapat mengajari mereka cara melakukannya.

  • Amankan rumah Anda.

Kenali orang-orang yang Anda miliki di rumah. Cobalah untuk tidak memiliki orang-orang yang menyalahgunakan narkoba dan alkohol. Pantau obat-obatan dan produk pembersih yang Anda miliki di rumah.

 

Sumber: https://easyread.drugabuse.gov/content/prevention

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *