Program pendampingan narkoba di Tirto Jiwo

Saat mempertimbangkan pengobatan kecanduan, kalian mungkin bertanya-tanya apa yang dapat kalian harapkan selama hari hari tinggal di Tirto Jiwo. 

Pusat perawatan rawat inap di Tirto Jiwo sangat terstruktur dan terorganisir, dengan aktivitas dan terapi yang serupa dengan di kebanyakan pusat rehabilitasi narkoba di berbagai negara maju, seperti Amerika.

Kondisi dan kegiatan kegiatan ini sengaja disusun untuk meminimalkan stres dan ketidakpastian di antara penghuni, dan juga memungkinkan lingkungan yang paling aman dan saling mendukung untuk penyembuhan dan pemulihan. Bergantung pada situasi dan jumlah peserta, aktivitas sehari-hari dapat bervariasi. Berikut adalah contoh bagaimana hari-hari perawatan biasanya terjadi:

Pagi hari: sarapan dan pertemuan pagi

Tidur bukan bagian dari program, jadi bersiaplah untuk bangun lebih awal untuk menikmati sarapan yang sederhana tapi sehat. Tirto Jiwo melakukan kegiatan pagi seperti sholat dhuha,  dzikir atau senam pagi untuk membantu kalian memulai hari dengan pikiran rileks. Bagian dari proses pengobatan dan pemulihan berpusat pada pengembangan kebiasaan baru dan sehat yang dimaksudkan untuk menjadi rutinitas dalam kehidupan pasca-pulang nantinya.

Seringkali ada sesi pertemuan kelompok setelah sarapan yang dipimpin oleh seorang konselor atau terapis yang berfokus pada topik yang berkaitan dengan proses pengobatan,  kecanduan, dan pemulihan. Fokus yang signifikan selama perawatan adalah untuk mencapai kejelasan tentang masalah, orang, dan lingkungan dalam hidup kalian yang telah memicu keinginan untuk menyalahgunakan narkoba atau alkohol. Pertemuan harian ini, dalam keamanan lingkungan terapeutik yang terkendali, akan membantu kalian untuk mulai mengenali pola perilaku yang dapat kalian ubah atau pemicu tertentu yang harus dihindari pasca perawatan.

Siang hari: terapi harian

Tengah hari diisi dengan kegiatan pendampingan yang intensif. Setelah makan siang yang sederhana dan sehat, biasanya memulai serangkaian sesi terapi.

A. Terapi  Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Individual. CBT adalah salah satu metode paling efektif yang digunakan di pusat perawatan kecanduan d negara negara maju.. CBT mempertajam respons perilaku kalian terhadap pemicu penggunaan atau konsmusi narkoba. Setelah itu teridentifikasi, terapis akan memandu kalian menuju respons baru yang lebih sehat terhadap pemicu tersebut. Sesi terapi satu lawan satu (individual) memberikan lingkungan yang aman bagi kalian untuk merasa bebas untuk terbuka dan berbagi ketakutan dan kekhawatiran kalian, memungkinkan terapis untuk memberikan alat dan tanggapan perilaku alternatif untuk sumber kecemasan ini.

B. Terapi Kelompok. Partisipasi dalam sesi kelompok memberikan persahabatan tertentu, karena semua peserta telah mengalami perjuangan kecanduan. Akan sangat bermanfaat bagi para peserta untuk saling berbagi cerita pribadi mereka untuk memungkinkan penyembuhan emosional. Anggota kelompok sering mengembangkan rasa persaudaraan selama minggu-minggu di rehabilitasi, dan seiring dengan tumbuhnya kepercayaan mereka menjadi lebih terbuka dalam sesi mereka dan mengembangkan rasa kasih sayang yang tulus dan pengertian untuk perjuangan bersama antara  satu sama lain.

C. Sesi Khusus.  Di Tirto Jiwo, sesuai dengan kebutuhan, akan dilakukan sesi terapi khusus. Jadwal kegiatan bisa disesuaikan, termasuk sesi untuk manajemen amarah, manajemen stres atau konseling depresi,pelatihan teknik pemecahan masalah untuk membantu meningkatkan kemampuan kalian menangani masalah dengan cara yang terkontrol daripada merasa perlu menggunakan narkoba atau alkohol.

Waktu Senggang di Rehab

Biasanya ada beberapa jam waktu luang yang tersedia di sore hari untuk digunakan sesuai dengan pilihan peserta. Kegiatan seperti olah raga ringan atau mendengarkan musik, bermain musik atau kegiatan positif lainnya.  Beberapa orang memilih untuk menghabiskan waktu luang dengan membaca atau membuat jurnal dan yang lain mungkin menggunakan waktu itu untuk berdoa atau meditasi.

Malam hari di Rehab: Pertemuan 12 Langkah Setelah makan malam, mungkin ada sesi kelompok singkat lainnya. Biasanya, program 12 langkah tersedia di malam hari, yang sangat dianjurkan. Pertemuan tersebut menyediakan lingkungan yang aman, hormat dan anonim di mana persekutuan dapat dipupuk – yang berfungsi sebagai elemen intrinsik untuk ketenangan jangka panjang. Waktu tidur dianjurkan pada waktu yang wajar, karena kebiasaan sehat ditanamkan selama program rawat inap. Dengan tidur yang cukup, klien menjadi lebih waspada dan memiliki lebih banyak energi untuk mengalami puncak partisipasi dalam perawatan harian.

Ayo , tunggu apalagi. Datang ke Tirto Jiwo

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *