Tahap pelaksanaan

Dalam tahap pelaksanaan, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menilai atau melakukan assessment atas keadaan atau masalah penderita gangguan jiwa. Dengan melakukan penilaian atau assessment kita tahu prioritas dan besarnya masalah.

Langkah kedua adalah membuat perencanaan untuk mengatasi semua masalah tersebut secara bertahap dan terencana. Secara garis besar ada 3 komponen utama dari pemulihan:

  • kegiatan untuk mencegah agar tidak kambuh
  • kegiatan untuk mengurangi gejala (misalnya: halusinasi, depresi, kecemasan, waham)
  • kegiatan untuk kembali ke masyarakat

Pelaksanaan pemulihan bersifat jangka panjang. Pemulihan mungkin harus terus menerus dilakukan selama masih hidup. Hal ini tidak ubahnya dengan penyakit gula darah atau tekanan darah tinggi dimana penderita harus minum obat seumur hidupnya.

Salah satu komponen penting dari pemulihan adalah mempunyai kegiatan yang bernilai ekonomis. Dengan mempunyai pekerjaan, maka pemulihan akan mendapat dukungan yang kuat karena adanya pekerjaan merupakan salah satu faktor positif bagi pemulihan. Bila karena gangguan jiwanya kemudian penderita mengalami kemunduran, maka penderita perlu dibantu untuk memulai hidup baru, menetapkan sasaran hidup yang baru.

Bila anda tertarik ingin membantu saudara yang terkena gangguan jiwa agar pulih, silahkan kontak saya di setiabudi55@yahoo.com atau bila urgent, silahkan kontak saya lewat skype di gunawan.setiadi

 

Leave a Reply