Program kami

Tirto Jiwo, Pusat Pemulihan dan Pelatihan Gangguan Jiwa mempunyai 3 program utama:

  1. Program pemulihan di dalam sarana Tirto Jiwo. Program pemulihan di dalam sarana Tirto jiwo meliputi pendampingan psikologis, psikoedukasi, dan kegiatan kegiatan lain untuk mendukung proses pemulihan dari gangguan jiwa. Peserta program akan dibimbing untuk melakukan kegiatan kegiatan yang akan memulihkan kesehatan jiwanya, mengenali dan mencegah kekambuhan, dan  memperkuat ketahanan jiwanya. Program  pemulihan di Tirto Jiwo ditekankan dari sisi psikologis dan spiritual.  Tirto Jiwo tidak menyediakan dokter spesialis jiwa (psikiater). Bila diperlukan, peserta akan diantar untuk berkonsultasi kepada psikiater yang ada di RSUD Purworejo atau di RSJ Magelang. Pada tingkat lanjut, penderita juga akan dibimbing agar bisa hidup produktif secara ekonomi dan sosial di masyarakat. Silahkan baca lebih lanjut disini.
  2. Program pelatihan bagi penderita, keluarga dan relawan jiwa. Buku pedoman Pemulihan Gangguan Jiwa dan berbagai artikel tentang kesehatan jiwa bisa di download dari website Tirto Jiwo. Berbagai artikel tersebut yang dipakai sebagai bahan pelatihan bagi penderita, keluarga atau relawan jiwa yang tidak menginap di Tirto Jiwo.
  3. Program pemulihan berbasis masyarakat. Program berbasis masyarakat berupa kegiatan kunjungan rumah, penyuluhan kesehatan jiwa dan berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya. Silahkan baca seterusnya disini

Leave a Reply