Program kemasyarakatan

Pasung

Penderita gangguan jiwa berat bisa pulih. Mereka bisa kembali ke masyarakat, bekerja dan hidup normal sebagaimana masyarakat pada umumnya.Hanya saja, proses pemulihan tersebut tidak selalu berjalan lurus dan lancar, kadang ada proses naik turunnya. Agar proses pemulihan berjalan dengan baik, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, utamanya dukungan dari keluarga (atau orang dekat), tenaga kesehatan, kawan sesama penderita gangguan jiwa dan masyarakat sekitar.

Pada saat ini, sebagian besar penderita gangguan jiwa di Indonesia tidak mendapat dukungan yang memadai. Mereka hanya minum obat dan kontrol ke dokter ahli jiwa sekali atau dua kali dalam sebulannya. Selepas itu, proses pemulihan hanya ditangan keluarganya (yang sering tidak mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan untuk mendukung proses pemulihan).

Melihat kondisi tersebut, Tirto Jiwo saat ini sedang dalam proses mengembangkan Relawan Tirto Jiwo yang mampu membantu dan mendampingi penderita gangguan jiwa. Fungsi dari  Relawan Tirto Jiwo adalah : (1) mengidentifikasi penderita gangguan jiwa yang ada di masyarakat; (2) menjelaskan kepada keluarga apa yang harus dikerjakan kepada penderita gangguan jiwa; (3) mendukung keluarga untuk membawa penderita ke sarana kesehatan untuk mendapat pengobatan; (4) membantu transport penderita sampai ke RSJ dan mencarikan kartu Jamkesmas; (5) melepaskan korban pasung dan membawanya ke RSJ; (6) menengok penderita selama perawatan panjang di RSJ; (7) melaksanakan kunjungan rumah pada para penderita setelah perawatan di RSJ dan menge-chek apakah penderita mau kontrol dan kemana (bisa ke Puskesmas atau RSUD); dan (8) membantu keluarga untuk memberikan pekerjaan atau kegiatan bagi penderita dan memotivasi dia aktif melakukan hal itu.

Dalam program kemasyarakatan ini diperlukan kerja sama yang erat dengan berbagai pihak, seperti dinas kesehatan, dinas sosial, lembaga keagamaan, dan pihak pihak lain yang ikut prihatin dengan masalah gangguan jiwa di masyarakat.

2 thoughts on “Program kemasyarakatan

  1. Kakak saya sudah bertahun tahun menderita skizoperania gangguan jiwa yang kadang kadang saat kambuh sering marah marah bahkan bisa memukul orang kalau di tegur. Saat ini kluarga masih bingung untuk mendapatkan pengobatan gratis karna tidak ada biaya untuk pengobatan pasien.

  2. Mas Burhan, silahkan kontak Pak Wibowo di 0813 2878 7978. Tolong kita diberi informasi tentang umur kakaknya, kondisi kejiwaannya saat ini, pekerjaan orang tua/ kakak/ adik, dll.

Leave a Reply