Mengenal tanda awal penderita schizophrenia yang akan kambuh

schizophreniaMeskipun sudah minum obat dan mengikuti psikoterapi, seorang penderita schizophrenia bisa kambuh. Untungnya, biasanya kambuh tersebut tidak berlangsung tiba tiba. Ada tanda tanda awal yang mendahuluinya. Mula mula tanda awal itu tidak spesifik atau tidak jelas, yang bila dibiarkan akan terlihat semakin jelas dan bisa menjadi kambuh.

Untungnya lagi, bila dialkukan intervensi pada tahap tersebut, kambuhnya penderita bisa dicegah.

Biasanya tanda awal kambuh tersebut berbeda antara satu orang dengan lainnya. Untuk itu, setiap penderita dan orang orang dekatnya perlu mengidentifikasi tanda awal tersebut yang bisa digali dari pengalaman yang bersangkutan dari kambuh terakhir.

Berikut ini daftar tanda awal kambuh yang sering ditemui. Masing masing orang tinggal memilih dan mengurutkan tanda wal kambuh tersebut beserta waktunya (timeline) atau kapan terjadinya.

Tanda yang terjadi pada pemikiran atau persepsi:

pikiran berkejaran (thought are racing), panca indera terasa lebih tajam, berpikiran bahwa anda mempunyai kekuatan khusus, berpikiran bahwa anda bisa membaca pikiran orang lain, berpikiran bahwa orang lain bisa membaca pikiran anda, menerima pesan khusus lewat radio atau TV, sulit mengambil keputusan, berpikiran bahwa anda sebenarnya adalah orang lain, pikiran dipenuhi dengan 1-2 hal tertentu, mengalami sesuatu sensasi yang aneh, melihat sesuatu yang orang lain tidak bisa melihatnya, berpikiran bahwa orang lain ngomongin anda, berpikiran bahwa orang lain benci/tidak suka anda, sering mimpi buruk, sulit berkonsentrasi, berpikiran aneh aneh, berpikiran bahwa pikiran anda ada yang mengendalikan, mendengar suara, berpikiran bahwa sebagian tubuh anda telah berubah bentuk

Tanda awal pada perasaan

Perasaan tidak berguna/ tidak berpengharapan, perasaan sedih, perasaan takut menjadi gila, perasaan cemas atau kacau, perasaan menjadi lebih religious, merasa terisolasi, merasa diamat-amati, merasa capai atau tak bertenaga, merasa bingung atau banyak masalah/pertanyaan, menjadi pelupa atau jauh dari kenyataan, merasa hidup di dunia lain, merasa sangat kuat, merasa tidak mampu mengerjakan kegiatan sehari-hari, merasa sedang dihukum, merasa tidak bisa mempercayai orang lain, mudah tersinggung, merasa bersalah, merasa tidak perlu tidur.

Tanda awal pada perubahan perilaku

sulit tidur, susah bicara atau bicara tak jelas, bicara atau senyum kepada diri sendiri, berperilaku seperti sedang diawasi, berperilaku aneh tanpa alasan yang jelas, menyendiri, tidak memperhatikan penampilan diri, berperilaku seperti orang lain, tidak mau bertemu orang, tidak makan, tidak meninggalkan rumah, berperilaku seperti anak anak, tidak mau melakukan suatu permintaan sederhana, lebih banyak merokok, tidak bisa duduk lama, gerak menjadi lambat, berperilaku agresif.

 

Leave a Reply