Teknik relaksasi (2)

th3ZY76RXTMenyadari atau mengenali adanya ketegangan
Pertimbangkan hal hal berikut:

  • Di mana Anda merasakan ketegangan?
  • Apakah otot Anda menunjukkan tanda-tanda karakteristik ketegangan, seperti rasa sakit, kelelahan atau sakit jika disentuh?
  • Adakah reaksi dalam diri menyebabkan peningkatan ketegangan? (misalnya frustrasi, kemarahan, kecemasan)
  • Adakah peristiwa eksternal yang menyebabkan peningkatan ketegangan? (misalnya antrian, mengemudi di lalu lintas, argumen, tuntutan bekerja atau belajar).

Pelatihan Relaksasi – Relaksasi otot progresif

Dalam relaksasi otot progresif (PMR), otot-otot menjadi relaks secara progresif, bekerja dengan secara bertahap ke seluruh tubuh. Dengan latihan Anda akan belajar untuk lebih mengenali dan sukarela mengurangi ketegangan otot. Relaksasi adalah keterampilan yang dipelajari melalui latihan yang teratur. Untuk mencapai manfaat penuh Anda akan perlu berkomitmen diri untuk setidaknya melakukan praktek setiap hari selama beberapa minggu.
Disarankan agar Anda menggunakan tape untuk membantu Anda untuk melaksanakan langkah-langkah tegang dan santai pada semua kelompok otot utama dari tubuh Anda secara bergiliran. Tidak masalah kapan Anda akan melakukan relaksasi, tetapi cobalah untuk memastikan bahwa Anda tidak akan terganggu. Awalnya, lakukan latihan dalam ruangan yang tenang sehingga Anda dapat memberikan konsentrasi penuh untuk relaksasi. Namun, karena tujuan utamanya adalah untuk dapat bersantai di mana saja, kapan saja, jangan terlalu mencoba untuk memastikan ketenangan mutlak atau ruang yang gelap.

Pilih kursi yang nyaman dengan sandaran yang baik untuk kepala dan bahu atau
bantal dinding. Sebagian orang memilih untuk melakukan latihan berbaring, tetapi jangan menggunakan posisi ini jika Anda cenderung tertidur, karena ini dirancang untuk menjadi teknik relaksasi aktif. Anda tidak bisa belajar untuk bersantai saat Anda sedang tidur! Jika Anda ingin beberapa metode untuk membantu Anda agar bisa tidur, hilangkan pikiran tersebut selama latihan relaksasi Anda atau pakai rekaman relaksasi khusus untuk tujuan itu. Ketika Anda sudah mulai menguasai latihan relaksasi, coba berbagai postur dan situasi. Anda dapat menggunakan tape relaksasi  sebagai persiapan untuk beberapa kegiatan di mana Anda mengantisipasi adanya kesulitan.

Agar mendapatkan hasil maksimal dari relaksasi otot progresif:

  • Hindari tegang terlalu erat. Dianjurkan ketegangan maksimal 60 – 70%
  • Jangan tegang ke titik nyeri atau ketidaknyamanan.
  • Jangan khawatir jika pikiran Anda mengembara selama rekaman itu. Coba saja untuk menghilangkan apa pun itu yang mengganggu Anda perhatian dan dengan pelan coba untuk fokus kembali pada tape.
  • Beberapa orang merasa cemas selama latihan relaksasi. Hal ini dapat karena mereka gelisah tentang “membuang-buang waktu”, karena pikiran mereka mengembara ke kecemasan dan kekhawatiran, atau hanya karena perasaan santai tidak biasa dan menimbulkan kecemasan

Leave a Reply