Teknik relaksasi (1)

c8974a1fb92881ac9d16e0502ef85fb71Salah satu gejala umum yang banyak dijumpai pada penderita gangguan jiwa adalah kecemasan dan ketegangan. Oleh karena itu, kemampuan untuk relaksasi menjadi penting

Relaksasi adalah pelepasan ketegangan dengan sukarela. Ketegangan ini dapat berupa ketegangan fisik pada otot atau dapat pula berupa ketegangan psikologis. Ketika kita secara fisik rileks, dorongan yang timbul pada saraf berbagai otot mengubah sifat sinyal yang dikirim ke otak. Perubahan ini membawa perasaan tenang, baik secara fisik maupun mental. Relaksasi otot memiliki efek luas pada sistem saraf dan karena itu harus dilihat sebagai pengobatan fisik dan sekaligus juga pengobatan psikologis.

Pentingnya Pelatihan Relaksasi

Otot dirancang untuk tetap berada dalam keadaan santai sampai dibutuhkan untuk melakukan beberapa aktivitas fisik. Dalam keadaan biasa, otot tidak pada tingkat ketegangan tinggi  sepanjang waktu, tetapi menunjukkan pola ketegangan berfluktuasi dan relaksasi sesuai dengan tuntutan yang diperlukan pada berbagai  kelompok otot sesuai dengan kegiatan sehari-hari seseorang.

Tanggapan lari atau melawan (fight or flight response)  juga menghasilkan ketegangan otot. Ketika orang berada di bawah stres dalam jangka waktu yang lama, mereka dapat mempertahankan  tingkat ketegangan otot tinggi. Mereka mungkin mengalami sakit kepala, nyeri otot dan kelelahan. Ketegangan otot yang sedang berlangsung juga dapat berkontribusi terhadap perasaan ketakutan konstan dan lekas marah.  Serangan kecemasan menjadi lebih mudah terjadi. Beberapa peristiwa kecil, seperti sebuah perjumpaan tak terduga dengan teman, dapat memicu ketegangan lebih lanjut yang pada gilirannya dapat menyebabkan panik. Oleh karena itu, dibutuhkan latihan agar kita dapat kembali mengendalikan ketegangan dari sistem otot ketika kita berada dalam kondisi ketegangan tinggi selama beberapa waktu. Latihan teratur teknik relaksasi aktif seperti relaksasi otot progresif bisa membantu mengurangi tekanan darah danmengurangi produksi hormon stres.

Komponen Pelatihan Relaksasi

Dengan belajar untuk bersantai Anda dapat mengurangi tingkat gairah dan ketegangan dan meningkatkan cadangan umum untuk mengatasi tantangan. Untuk melakukannya, anda perlu:

  • Belajar untuk mengenali ketegangan
  • Belajar untuk membuat rileks seluruh tubuh Anda secara umum
  • Belajar untuk melepaskan ketegangan pada otot tertentu

 

Leave a Reply