Penanganan gangguan kepribadian

Penanganan yang terbaik untuk Anda tergantung pada jenis gangguan kepribadian yang dipunyai, tingkat keparahan dan situasi hidup Anda. Seringkali, pendekatan tim yang tepat untuk memastikan semua kebutuhan jiwa, kebutuhan medis dan sosial dapat terpenuhi. Karena gangguan kepribadian cenderung menjadi kronis dan kadang-kadang dapat berlangsung melewati kehidupan dewasa Anda, Anda mungkin perlu pengobatan jangka panjang.

Tim yang terlibat dalam perawatan mungkin termasuk Anda:

  •     Keluarga dokter atau penyedia perawatan primer
  •     Psikiater
  •     Psikoterapis
  •     Apoteker
  •     Anggota keluarga
  •     Pekerja Sosial

Jika Anda memiliki gejala ringan yang terkontrol dengan baik, Anda mungkin perlu perawatan hanya dari  dokter keluarga Anda, psikiater atau terapis. Jika memungkinkan, cari penyedia layanan kesehatan medis dan mental dengan pengalaman dalam mengobati gangguan kepribadian.

Beberapa penanganan (treatment) yang tersedia untuk gangguan kepribadian, termasuk:

  •     Psikoterapi
  •     Obat
  •     Rawat Inap

Keberhasilan pengobatan tergantung pada partisipasi aktif Anda dalam perawatan Anda.

Psikoterapi

Psikoterapi adalah cara utama untuk mengobati gangguan kepribadian. Psikoterapi adalah istilah umum untuk proses mengobati gangguan kepribadian dengan berbicara tentang kondisi Anda dan isu-isu terkait dengan penyedia kesehatan mental. Selama psikoterapi, Anda belajar tentang kondisi Anda dan suasana hati, perasaan, pikiran dan perilaku anda. Dengan menggunakan wawasan dan pengetahuan yang Anda dapatkan dalam psikoterapi, Anda dapat mempelajari cara-cara sehat untuk mengelola gejala.

Jenis psikoterapi yang digunakan untuk mengobati gangguan kepribadian meliputi:

  • Terapi perilaku kognitif. Ini menggabungkan fitur dari terapi kognitif dan terapi perilaku untuk membantu Anda mengidentifikasi keyakinan dan perilaku negatif yang tidak sehat dan menggantinya dengan keyakinan dan perilaku sehat, yang positif.
  •  Terapi perilaku dialektis. Ini adalah jenis terapi perilaku kognitif yang mengajarkan keterampilan perilaku untuk membantu Anda mentolerir stres, mengatur emosi Anda dan meningkatkan hubungan Anda dengan orang lain.
  •  Psikoterapi Psikodinamik. Terapi ini berfokus pada peningkatan kesadaran Anda dari pikiran bawah sadar dan perilaku, mengembangkan wawasan baru ke dalam motivasi Anda, dan menyelesaikan konflik untuk hidup lebih bahagia.
  • Psychoeducation. Terapi ini mengajarkan Anda – dan kadang-kadang keluarga dan teman – tentang penyakit Anda, termasuk perawatan, menguasai strategi dan kemampuan memecahkan masalah.

Psikoterapi dapat diberikan dalam sesi individu, terapi kelompok atau dalam sesi yang mencakup keluarga atau bahkan teman. Jenis psikoterapi yang tepat untuk Anda tergantung pada situasi individu Anda.

Obat

Tidak ada obat khusus yang disetujui oleh Badan Administrasi Makanan dan Obat (FDA) untuk mengobati gangguan kepribadian. Namun, beberapa jenis obat-obatan psikiatri dapat membantu dengan gejala gangguan kepribadian yang beragam.

  • Obat Antidepressant. Antidepresan mungkin berguna jika Anda memiliki suasana hati, amarah depresi, impulsif, mudah marah atau putus asa, yang mungkin berhubungan dengan gangguan kepribadian.
  • Obat untuk menstabilkan suasana hati. Sebagaimana namanya, stabilisator suasana hati dapat membantu bahkan keluar perubahan suasana hati atau mengurangi lekas marah, impulsif dan agresi.
  • Obat Anti-kecemasan. Ini dapat membantu jika Anda memiliki kecemasan, agitasi atau insomnia. Namun dalam beberapa kasus, obat anti kecemasan dapat meningkatkan perilaku impulsif.
  • Obat Antipsikotik. Juga disebut neuroleptik, ini mungkin dapat membantu jika gejala termasuk kehilangan sentuhan dengan kenyataan (psikosis) atau dalam beberapa kasus jika Anda memiliki kecemasan atau masalah kemarahan.

Rawat inap dan program  perawatan perumahan

Dalam beberapa kasus, gangguan kepribadian mungkin begitu parah sehingga Anda memerlukan rawat inap kejiwaan. Rawat inap psikiatri umumnya direkomendasikan hanya bila Anda tidak dapat merawat diri sendiri dengan benar atau ketika Anda sedang dalam bahaya langsung merugikan diri sendiri atau orang lain. Pilihan rawat inap psikiatri termasuk 24-jam perawatan rawat inap, rawat inap sebagian atau hari, atau perawatan perumahan, yang menawarkan tempat yang mendukung untuk hidup.

Berpartisipasi dalam perawatan Anda sendiri

Cobalah untuk menjadi peserta aktif dalam perawatan Anda. Bekerja sama, Anda dan dokter atau terapis dapat memutuskan mana pilihan pengobatan yang terbaik untuk situasi Anda, tergantung pada jenis gangguan kepribadian, gejala dan keparahan , preferensi pribadi Anda, asuransi, keterjangkauan, efek samping pengobatan, dan faktor lainnya.

Dalam beberapa kasus, gangguan kepribadian mungkin begitu parah sehingga dokter, kekasih atau wali mungkin perlu untuk membimbing perawatan Anda sampai Anda cukup baik untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan.

Leave a Reply