Perkuat ketahanan jiwa dengan sedekah

Dalam psikologi, ada yang dikenal dengan istilah mekanisme pertahanan (defence mechanism). Mekanisme pertahanan menjaga jiwa agar tetap sehat ketika menghadapi tekanan hidup.

Teori tentang mekanisme defensi tersebut pertama kali dikemukakan oleh Sigmund Freud lebih dari seabad yang lalu. Dr George E. Valliant dari Universitas Harvard membagi mekanisme defensi menjadi  4 tingkatan, yaitu tingkat patologis, tingkat tidak matang, tingkat neurosis, dan tingkat matang atau dewasa.

Sedekah atau menolong sesama (altruisme) merupakan salah satu mekanisme defensi tingkat dewasa. Dengan sering atau secara rutin melakukan sedekah maka ketahanan jiwa yang bersangkutan akan semakin kuat sehingga akan mampu menghadapi berbagai persoalan hidup.

Ibu Sumirah sejak remaja selalu menyedekahkan 50% penghasilannya untuk sedekah sehingga meskipun hanya lulusan SD (SMP tidak tamat) dia tidak pernah kesulitan secara ekonomi. Bahkan Ibu Sumirah mampu membangun masjid, memperbaiki jalan di desanya, mendirikan panti asuhan, dll.

Silahkan lihat tayangan Kick Andy yang menjadikan Ibu Sumirah sebagai nara sumber  dengan melihat tayangan berikut

Salurkan CSR (corporate social responsibility), zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirtojiwo 

Leave a Reply