Ketahanan Jiwa (3)

Lanjutan artikel sebelumnya

Beberapa jalan lain yang akan dapat membuat ketahanan jiwa semakin kuat:

  1. Jangan terperangkap masa lalu, bergerak terus menuju tujuan hidupmu. Terpaku kepada masa lalu, khususnya yang tidak menyenangkan (membuat sedih, kecewa, marah, merasa bersalah, dll) akan membuat jiwa rapuh, gampang terserang gangguan jiwa atau setidaknya membuat hidup menjadi gelisah. Bila ada Hasil gambar untuk PHKmasa lalu yang menimbulkan rasa bersalah, segera mohon ampun, bertobat, memperbaiki diri dan segera melangkah maju. Begitu pula, bila ada kejadian masa lalu yang membuat kita malu atau sedih, maka terima saja itu sebagai sesuatu kenyataan yang sudah terjadi, dan segera perbaiki diri dan melangkah kedepan.  Dengan tetap melangkah kedepan, tidak terjebak masa lalu, akan membuat jiwa kita semakin kuat dan sehat.
  2. Berani mengambil keputusan. Segera ambil keputusan dan hadapi hal hal yang tidak menyenangkan. Bila nasi sudah jadi bubur, segera ambil santan, ayam dan jadikan sebagai bubur ayam yang enak. Bila kita dipecat atau di PHK, jangan terlalu banyak larut dalam kepedihan, segera keluar rumah dan lakukan pekerjaan apa saja.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo 

Leave a Reply