Ketahanan jiwa (1)

Hasil gambar untuk keluarga bahagiaKetahanan jiwa adalah kemampuan seseorang untuk bertahan dan kembali melangkah kedepan ketika menghadapi tragedi, bencana atau sumber sumber stress berat lainnya. Ketahanan jiwa disini juga berarti kemampuan bangkit kembali ketika jatuh karena terkena bencana atau tragedi.

Beberapa hal yang memerlukan ketahanan jiwa, antara lain: kehilangan orang orang dekat/ yang dicintai, perceraian, menderita penyakit yang serius, mengalami kegagalan yang cukup berarti.

Kebanyakan orang, setelah mengalami kejatuhan atau kegagalan, akan bisa bangkit kembali karena mereka mempunyai ketahanan jiwa. Namun pada sebagian kecila orang, kegagalan atau bencana membuat dirinya jatuh, depresi, terkena gangguan jiwa dan tidak mampu bangkit kembali.

Salah satu faktor penting yang membuat seseorang mempunyai ketahanan jiwa yang baik adalah orang tersebut mempunyai jaringan persaudaraan, saling menyayangi di dalam keluarga dan mempunyai jaringan pertemanan yang kuat.

Beberapa faktor tambahan yang membuat seseorang mempunyai daya tahan kejiwaan:

  • Mampu membuat rencana yang realistis dan mampu melaksanakan rencana tersebut.
  • Mempunyai penilaian terhadap diri sendiri yang positif dan percaya terhadap kemampuan dirinya.
  • Mempunyai ketrampilan dalam hubungan antar manusia dan kemampuan dalam pemecahan masalah
  • mempunyai kemampuan mengendalikan perasaan dan dorongan hati.

Bersambung

Sumber bacaan: http://www.apa.org/helpcenter/road-resilience.aspx

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo 

 

Leave a Reply