4 Jalur menuju hidup yang penuh arti

Menurut berbagai study, orang orang yang hidupnya penuh arti merasa hidupnya bahagia. Meskipun dalam perjalanan hidupnya, mereka pernah merasakan kesedihan, kegagalan atau penderitaan, namun orang yang merasa hidupnya penuh arti menyatakan bahwa kehidupan yang telah mereka jalani sangat memuaskan dan membuat mereka bahagia.

Ada 4 hal yang dapat membuat seseorang merasa bahwa hidupnya berarti:

  1. Menjadi bagian dari masyarakat. Bila seseorang merasa diterima dan dihargai oleh saudara, teman, kenalan dan masyarakatnya, maka cenderung orang tersebut merasa bahwa hidupnya berarti. Tentunya, seseorang tidak dapat secara otomatis diterima dan dihargai oleh lingkungannya. Hanya orang orang yang mau berkorban, berbagi atau menolong sesamanya saja yang akan dapat diterima dan dihargai oleh masyarakat sekitarnya.
  2. Tujuan hidup yang luhur. Orang yang hanya mengejar kesenangan dan kepuasan diri, biasanya kebahagiaan yang dirasakan hanya bersifat sementara. Dilain pihak, orang orang dengan tujuan hidup yang luhur, tidak hanya mementingkan diri sendiri, kebanyakan merasa hidupnya bahagia, memuaskan dan penuh arti.
  3. Cerita kehidupan. Orang orang yang merasa hidupnya berarti (penuh arti) biasanya dapat menceritakan rangkaian kejadian yang berkesan dan mempunyai arti atau membawa manfaat bagi orang lain/ masyarakat sekitarnya. Rangkaian kejadian tersebut menunjukkan bahwa hidupnya tidak hanya kosong, tapi penuh makna.
  4. Pengalaman spiritual. Orang orang yang hidupnya penuh arti sering mengalami kejadian kejadian luar biasa yang semakin memperkuat keimanannya. Seperti yang dialami oleh ibu Sumirah yang sudah terbiasa menyedekahkan separuh penghasilannya. Meskipun hanya berpendidikan SMP, namun penghasilannya pada tahun 2008 dapat mencapai Rp 2 juta per hari.

Mari kita jadikan hidup kita masing masing hidup yang penuh arti

sumber: http://greatergood.berkeley.edu/article/item/four_keys_to_a_meaningful_life

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo 

 

Leave a Reply