Sisi psikososial penderita gangguan jiwa berat (1)

Hasil gambar untuk employment schizophreniaPenderita skizofrenia, bipolar dan gangguan jiwa berat lainnya tidak akan dapat diselesaikan melalui pemberian obat saja. Mereka memang memerlukan obat, namun obat saja tidak cukup. Mereka juga memerlukan dukungan psikososial.

Berbagai permasalahan psikososial yang menjerat penderita gangguan jiwa perlu juga dibantu pemecahannya. Tanpa intervensi terhadap permasalahan tersebut, mereka akan mudah kambuh kembali.

Setidaknya ada 3 permasalahan besar yang sering dijumpai, yaitu: pekerjaan, tempat tinggal , dan jaringan sosial kekerabatan.

Pekerjaan, selain dapat mendatangkan pemasukan uang, juga berfungsi meningkatkan harga diri, ada jadwal kegiatan harian yang teratur, pertemanan dan identitas diri,

Masalahnya, stigma bagi penderita gangguan jiwa masih sangat kuat sehingga menyebabkan mereka sulit mendapatkan pekerjaan.

Saat ini, Tirto Jiwo sudah mendirikan cafe yang dapat berfungsi sebagai tempat latihan kerja. Dimasa mendatang, berbagai sarana latihan kerja akan terus dikembangkan agar para penderita gangguan jiwa lebih mudah dan lebih siap masuk ke lapangan kerja.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo 

Leave a Reply