Sedekah bisa menurunkan tekanan darah

tekanan-darah-tinggiSebagian besar orang bekerja keras agar bisa menyimpan uang dan memakai uang tersebut untuk kesenangan, kebahagiaan dan kesehatan dirinya. Mereka menyangka bahwa dengan menabung dan mempergunakan tabungan untuk diri sendiri, maka mereka akan hidup lebih bahagia dan lebih sehat.

Ternyata berbagai penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa hal tersebut keliru.  Menyedekahkan uang kita untuk kesejahteraan orang lain, utamanya orang yang lebih membutuhkan dan punya hubungan dekat, terbukti membuat hidup lebih sejahtera, lebih sehat dan lebih bahagia.

Penelitian selama 2 tahun oleh Dr Ashley V. Whillans, psikolog pada Universitas British Columbia, Kanada dan kawan kawan terhadap 186 orang dewasa yang menderita tekanan darah tinggi  membuktikan bahwa orang yang banyak sedekah terbukti mempunyai tekanan darah yang lebih rendah atau normal dibandingkan dengan orang yang hanya memakai uangnya untuk diri sendiri atau hanya sedikit bersedekah.

Bagi yang berminat membaca hasil penelitian tersebut yang diterbitkan dalam journal health psychology silahkan hubungi saya di gunawan@tirtojiwo.org.

Dalam studi yang kedua, Dr Whillans meneliti apakah sedekah bisa secara langsung menurunkan tekanan darah. Terhadap 73 orang yang menderita tekanan darah tinggi, setiap orang diberi uang US$ 40 (setara dengan sekitar Rp 500 000). Separuh dari peserta diminta diharuskan menyedekahkan uang tersebut dan separuh lainnya diminta untuk memakai uang tersebut untuk dirinya sendiri.Terbukti orang yang menyedekahkan uangnya tekanan darahnya turun secara bermakna.

Manfaat dari sedekah terasa lebih besar bila sedekah tersebut diberikan kepada oarng yang dikenalnya atau dekat dengan dirinya. Yang kedua, manfaat sedekah lebih terasa bila dilakukan secara sukarela, bukan paksaan

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo 

Leave a Reply