Empat alasan kenapa perlu melatih kesabaran

Sabar berarti tahan menghadapi penderitaan, mampu menahan diri dan menanti saat yang tepat untuk bertindak, mampu mengendalikan diri dari godaan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar di saat nanti.

20937e6Saat ini, kita bisa dengan mudah menunjukkan bahwa kesabaran sudah mulai menipis. Orang dengan mudah memencet klakson bila ada yang menghalangi, segala sesuatu ingin didapat secara segera (instant), tidak mau menunggu, tidak tahan berupaya keras.

Padahal, kita semua tahu, bahwa kesabaran akan membawa kepada kesuksesan. Kesabaran juga merupakan salah satu pilar kebahagiaan.

Ada 4 alasan kenapa kita perlu berlatih untuk terus meningkatkan kesabaran:

  1. Orang yang sabar mempunyai tingkat kesehatan  jiwa yang lebih baik. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang sabar, tahan terhada kondisi yang menekan, membuat mereka jarang menderita depresi maupun gangguan jiwa lainnya. Para penderita gangguan jiwa biasanya tidak tahan menghadapi situasi atau kondisi yang menekan jiwa. Orang yang sabar akan membuat mereka tidak gampang mengalami stress.
  2. Orang yang sabar disenangi teman dan tetangga. Orang yang sabar biasanya lebih simpatik, lebih mudah memaafkan kesalahan orang lain, dan juga tidak merasa dirinya lebih tinggi dari orang lainnya. Sifat sifat tersebut menjadikan orang yang penyabar merupakan teman ataupun tetangga yang menyenangkan.
  3. Kesabaran memudahkan seseorang mencapai tujuan. Tanpa kesabaran, tahan menghadapi penderitaan atau kesulitan, seseorang tidak akan mampu sekolah atau kuliah dan mencapai gelar akademik S1 atau bahkan S3. Seseorang dengan pendidikan tinggi, kemungkinan sukses lebih besar dibandingkan dengan orang yang berpendidikan rendah. Orang yang sabar, tidak gampang menyerah, tentunya akan lebih mungkin mencapai kesuksesan dibandingkan dengan orang yang kurang sabaran.
  4. Orang yang sabar lebih sehat fisiknya. Orang yang sabar tidak gampang stress. Padahal stress membuat seseorang gampang terkena sakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, sakit maag, dan lain lain.

Bersambung

salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo 

Leave a Reply