Pemulihan gangguan jiwa (7): pemicu kambuh

Artikel sebelumnya klik disini

300x200xMeeting-Of-Support-Group-46460161-300x200.jpg.pagespeed.ic.BfeVGt3C-QSalah satu strategi mencegah kambuh adalah dengan mengenali faktor pemicu munculnya kekambuhan.

Biasanya kambuh tidak muncul tanpa sebab, tetapi dipicu oleh adanya faktor pemicu.

Beberapa faktor pemicu yang biasanya mendorong kambuh, antara lain:

  • Tidak mau minum obat. Bila daya tahan jiwa belum kuat, namun tidak mau minum obat, maka biasanya dalam waktu beberapa minggu atau beberapa bulan tidak minum obat, penderita akan kambuh lagi sakitnya. Bila tidak ingin minum obat, daya tahan jiwa harus diperkuat terlebih dahulu dan obat dikurangi sedikit demi sedikit sesuai dengan kondisi jiwa yang bersangkutan.
  • Minum alkohol atau narkoba
  • Kurang tidur atau banyak begadang
  • Konflik dengan anggota keluarga atau teman
  • Berada dalam situasi yang membuat stress atau tertekan, baik di sekolah, di rumah atau ditempat kerja.

Faktor pemicu antara satu orang dengan orang lainnya sering berbeda beda. Pemicu bagi seseorang belum tentu jadi pemicu bagi orang lainnya. Oleh karena itu, masing masing penderita dan keluarganya perlu mengenali faktor pemicu kekambuhan tersebut.

Dengan mengenali faktor pemicu, maka pemicu tersebut dapat dihindari atau paling tidak dikurangi atau dilemahkan dampaknya sehingga tidak sampai memicu kekambuhan/

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo 

Leave a Reply