Pemulihan Gangguan Jiwa (2)

bipolar_disorder_self_help_recoveryPemulihan gangguan jiwa adalah suatu proses menuju jiwa yang semakin kuat dan tahan banting. Pulih dari gangguan jiwa bukanlah suatu kondisi statis, tetapi suatu kondisi dinamis yang berubah, naik turun. Ketika dalam proses pemulihan, bisa saja seseorang kambuh dan kemudian bangkit lagi.

Penderita gangguan jiwa yang telah pulih, dalam arti dapat hidup normal di masyarakat, sebagian sudah tidak lagi memerlukan obat, sedangkan sebagian lainnya masih memerlukan obat.

Semakin kuat ketahanan jiwanya, semakin mampu mengendalikan pikiran dan emosinya, maka semakin sehat jiwanya dan biasanya sudah tidak lagi memerlukan obat obat anti gangguan jiwa.

Proses pemulihan gangguan jiwa berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Titik balik dimana seseorang mulai bangkit dan berupaya untuk bisa pulih juga berbeda antara satu orang dengan lainnya.

Dr John Nash berpendapat bahwa dirinya bisa pulih dari gangguan jiwa karena proses penuaan dalam dirinya membuat jiwanya lebih tenang dan kurang bergejolak. Dukungan dari keluarga dan teman teman dikalangan matematikawan juga sangat mendukung proses pemulihan gangguan jiwa Dr John Nash.

Bagi Prof Elyn Saks pemulihan gangguan jiwanya terjadi karena dia ketemu psikiater dan minum obat yang sesuai. Hingga kini, dia tetap rutin minum obat dan ketemu psikoanalis secara berkala. Prof Elyn Saks juga mengatur hidupnya hingga dia tidak pernah sampai masuk dalam kondisi kritis.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply