Penyebab gangguan jiwa (7)

800px-The_Temptation_of_Saint_Anthony_(Grünewald)_detailArtikel ini kelanjutan artikel sebelumnya

Halusinasi, khususnya halusinasi suara, yaitu mendengar suara atau pembicaraan yang sebenarnya tidak ada, ternyata juga dialami oleh sebagian orang yang normal.

Pada beberapa orang normal, kadang mereka mendengar suara suara atau ada seseorang mengajaknya bicara yang sebenarnya tidak ada. Hal tersebut biasanya terjadi ketika hatinya sedang gelisah, stress.

Hal yang membedakan antara halusinasi pada orang normal dan halusinasi pada penderita gangguan jiwa, ternyata pada orang normal mereka tidak takut atau tidak dikendalikan oleh suara suara yang didengarnya. Dilain pihak, pada penderita gangguan jiwa, suara suara tersebut membuatnya distress atau tertekan jiwanya (takut, cemas, kecil hati, disuruh bunuh diri, dll). Suara suara tersebut membuat kehidupannya sehari-hari terganggu.

Seseorang yang mengalami halusinasi, ketika diperiksa otaknya dengan fMRI, ternyata terlihat bahwa bagian otak yang berfungsi mengatur percakapan, terlihat aktif. Hal ini berarti bahwa suara suara yang mereka dengar sebenarnya berasal dari dalam otaknya sendiri. Pada orang dengan halusinasi, mereka kesulitan membedakan antara suara hasil otaknya sendiri dengan suara suara dari luar.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply