Penyebab gangguan jiwa (6)

2483-1Tulisan ini merupakan kelanjutan artikel sebelumnya

Tidak ada satupun penderita gangguan jiwa yang tidak mengalami stress atau trauma psikologis. Selalu ada faktor psikologis yang menjadi penyebab gangguan jiwa. Dilain pihak, pada orang yang tidak punya bakat gangguan jiwa, adanya stress atau trauma psikologis tidak akan menimbulkan gangguan jiwa.

Pada seseorang dengan bakat gangguan jiwa, karena tidak tahan terhadap stress yang dialaminya, maka orang tersebut berusaha mengurangi stress, namun dengan cara yang salah.

Cara yang dipakai mengurangi stress yang diterapkan mereka antara lain:

  • Delusional projection: Seorang anak yang marah dan benci kepada orang tuanya, karena merasa sering diperlakukan tidak adil, namun juga menyadari bahwa dia tidak mungkin marah atau membenci orang tuanya, situasi tersebut menyebabkan sang anak mengalami stress yang menumpuk. Kondisi tersebut kemudian diproyeksikan sebagai adanya penjahat/ agen rahasia negara lain yang akan menangkap dan membunuhnya.
  • Distorsi, mengubah kondisi external yang tidak tertahankan. Misalnya: Seseorang yang sering dihina keluarganya sehingga merasa dirinya kecil dan tidak berdaya, kemudian mempunyai waham bahwa dirinya adalah seorang nabi atau utusan Tuhan, memandang orang lain sebagai lemah dan perlu ditolong serta ┬ámenuntut orang lain percaya dan mengikuti perintahnya.
  • Splitiing, menggolongkan orang kedalam dua golongan: sebagai baik atau jahat, kawan atau lawan. Padahal dalam kenyataannya tidak ada orang yang 100% baik atau 100% buruk. Hal ini biasa dilakukan oleh penderita gangguan jiwa yang merasa dirinya terancam atau tidak aman. Agar mudah, maka dia menggolongkan orang sebagai baik atau buruk, kawan atau lawan, malaikat atau setan.
  • Konversi, yaitu mengubah konflik psikis menjadi penyakit fisik. Misalnya seorang istri yang ditinggal suaminya terus menjadi buta atau lumpuh.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply