Penyebab gangguan jiwa (5)

Klik disini untuk membaca artikel sebelumnya

unhelpful_thinking_stylesFaktor biologis, pengalaman hidup masa lalu, pengetahuan, hubungan antar teman dan saudara, serta berbagai faktor lainnya berinteraksi sehingga membentuk pola pikir yang tidak sehat.

Pola pikir yang tidak sehat tersebut ditemukan pertama kali oleh Dr Aron Beck pada para penderita depresi. Saya telah beberapa kali menulis tentang pola pikir yang tidak sehat ini yang memicu seseorang mengalami gangguan jiwa (baca pola pikir tidak sehat disini)

Pola pikir yang negatif tersebut mempengaruhi cara pandang seseorang terhadap dunia (world view) dan bagaimana seseorang mengartikan kejadian atau peristiwa tertentu sehingga menimbulkan emosi negatif (marah, sedih, kecewa, takut, putus asa, dll).

Bila seorang anak kecil kita dimarahi oleh ayahnya karena berbuat suatu kesalahan, kemudian sang anak  bisa menerima dan mengambil pelajaran dari kemarahan sang ayah tersebut, maka anak kecil tersebut akan tumbuh dewasa dengan jiwa yang sehat.

Namun bila seorang anak kecil dimarahi oleh ayahnya, kemudian sang anak berpikir bahwa ayahnya telah berbuat tidak adil atau membenci dirinya, sehingga kemudian timbul emosi negatif (seperti: sedih, takut, atau marah yang dipendam), bila kejadian tersebut terjadi berulang-ulang dalam waktu lama, maka anak tersebut dapat menderita gangguan jiwa atau gangguan kepribadian tergantung kepada bagaimana anak tersebut mengatasi atau menghilangkan emosi yang negatif tersebut.

Bila anak tersebut menghilangkan emosi dengan memakai memakai mekanisme pertahanan jiwa yang patologis (seperti konversi, splitting, delusional projection, dll) maka anak tersebut akan mengalami gangguan jiwa.

Bila cara menghilangkan emosi negatif tersebut dengan cara pertahanan jiwa yang neurotik (displacement, dissosiasi, dll) atau pertahanan jiwa tidak dewasa (acting out, displacement, dll) maka anak tersebut akan tumbuh dewasa dengan gejala neurotik atau gangguan kepribadian

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply