Penyebab gangguan jiwa (4)

perkampungan1Tulisan ini merupakan kelanjutan artikel sebelumnya

Faktor ketiga yang berpengaruh terhadap munculnya gangguan jiwa adalah faktor sosial.

Sebagian besar penderita gangguan jiwa adalah mereka yang hidup dalam tekanan ekonomi, sulit mencari pekerjaan atau menganggur, hidup di kampung padat di perkotaan, dan bentuk bentuk kehidupan yang berat lainnya.

Tentunya tidak semua orang yang hidup susah akan menderita gangguan jiwa. Namun bila seseorang yang secara biologis dan psikologis mempunyai bakat atau kecenderungan menderita gangguan jiwa, maka kesulitan ekonomi, hidup yang tertekan, sulit mencari pekerjaan akan dapat memicu munculnya gangguan jiwa.

Joni, Muhtar, Khofif, dan Tumiran adalah contoh orang yang menderita gangguan jiwa yang ditimbulkan oleh sulitnya kehidupan yang mereka alami.

Mereka semua harus merantau ke Sumatera untuk mencari sesuap nasi. Sayangnya, hidup disana ternyata sangat keras , padahal jiwa mereka yang memang sudah lemah sejak muda tidak kuat menanggung besarnya tekanan. Akhirnya terjadilah gangguan jiwa

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

 

Leave a Reply