Penyebab gangguan jiwa (3)

180Tulisan ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya

Faktor kedua yang mempengaruhi munculnya gangguan jiwa adalah faktor psikologis, khususnya pengalaman hidup masa lalu yang membuat jiwa terluka (trauma) dan hubungan tidak sehat dengan orang orang dekat yang membuat emosi negatif (marah, sedih, takut, dll) menumpuk.

Pengalaman hidup yang melukai jiwa, seperti: mengalami pelecehan seksual dimasa kecil oleh tetangga atau keluarga dekat, ditinggal mati ayah atau ibu, orang tua bercerai sehingga kurang mendapat kasih sayang maupun asuhan, sering jadi bahan ejekan, dan berbagai pengalaman hidup yang traumatis dapat menimbulkan munculnya gangguan jiwa ketika menginjak remaja.

Sebagai contoh, Azis pernah disodomi ketika kecil oleh pamannya. Dia diancam akan dibunuh bila mengadukan hal tersebut kepada orang tuanya. Aziz menyimpan pengalaman tersebut dan tidak pernah menceritakan kepada orang lain. Ketika mulai beranjak dewasa, Aziz merasa bersalah dan merasa dirinya kotor, banyak berdosa, dan tidak berharga. Sejak saat itu, Aziz mulai sering mendengar suara suara yang mengejek dirinya dan menyuruhnya bunuh diri.

Hubungan yang tidak sehat dengan orang dekat juga dapat berakhir menjadi penderita gangguan jiwa. Wahyu merupakan anak laki laki yang paling tampan di dalam keluarganya. Kakak kakaknya, baik yang perempuan maupun laki laki, tidak ada yang berpenampilan menarik. Ibunya sangat menyayangi Wahyu, namun ayahnya (karena curiga bahwa anak tersebut bukan anaknya secara biologis) sering memarahi dan berlaku keras terhadap Wahyu. Emosi benci dan marah yang dipendam dan menumpuk, membuat jiwa Wahyu makin lama semakin tidak kuat menahannya. Akhirnya, Wahyu menderita schizophrenia paranoid. Dia merasa bahwa ada intel negara asing yang akan menangkap dan membunuhnya.

Tentunya tidak semua anak yang pernah mengalami pengalaman hidup yang traumatis akan mengalami gangguan jiwa. Begitu pula, anak yang mempunyai hubungan tidak sehat dengan keluarga dekatnya tidak semua akan terkena schizophrenia. Perlu ada faktor biologis dan atau sosial yang ikut mendorong terjadinya gangguan jiwa.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply