Penyebab gangguan jiwa (1)

psikosis_1306Hingga sekarang belum diketahui secara pasti penyebab dari gangguan jiwa.

Meskipun demikian, para ahli sepakat bahwa ada beberapa faktor yang berpegaruh terhadap munculnya  gangguan jiwa pada seseorang, yaitu: faktor biologis, faktor psikologis (pengalaman hidup masa kecil yang melukai/ traumatis atau menekan jiwa) dan faktor sosial.

Kombinasi dari ketiga faktor tersebut yang menyebabkan seseorang terkena gangguan jiwa.

Penyebab seseorang terkena gangguan jiwa berbeda antara satu orang dengan lainnya. Ada orang yang terkena gangguan jiwa terutama disebabkan oleh karena faktor biologis, seperti anak yang kedua orang tuanya menderita gangguan jiwa, maka dia cenderung lebih besar kemungkinannya terkena gangguan jiwa dibandingkan orang lain.

Ada juga yang terutama disebabkan oleh faktor psikologis, seperti seseorang yang menjadi gila karena diwaktu kecil berkali-kali dilecehkan secara seksual oleh pamannya. Pada orang yang lain lagi, gangguan jiwa juga bisa disebabkan oleh faktor sosial, misalnya: karena lama hidup dalam kesulitan ekonomi, hidup sendiri jauh dari orang tua, hidup berpindah-pindah.

Orang yang lahir dari ayah ibu penderita gangguan jiwa, tidak otomatis akan menderita gangguan jiwa. Harus ada faktor lain, seperti pengamalan psikologis yang melukai atau adanya faktor sosial. Begitu pula dengan anak yang ketika kecil mengalami pelecehan seksual, tidak semua kemudian tumbuh menjadi orang yang mengalami gangguan jiwa. Harus ada faktor biologis atau sosial yang memicunya sehingga yang bersangkutan kemudian mengalami gangguan jiwa.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply