Penyebab kegagalan: perilaku ke-kanak kanakan atau tidak dewasa (4)

af8263e4cdf77e4df36a9c371022aa21Artikel ini merupakan kelanjutan tulisan sebelumnya

Jenis keempat perilaku ke-kanak kanakan adalah perilaku passive aggressive, yaitu  mekanisme pertahanan terhadap tekanan stress dengan cara menampakkan agresi secara tidak langsung dengan cara bersikap pasif, masochism (mendapat kesenangandari siksaan atau penderitaan) dan mengarahkan agresinya kepada diri sendiri.

Manifestasi dari pasif agresif dapat berupa sikap keras kepala, sering lupa, melakukan oposisi, sengaja membuat kegagalan atau gagal berulang kali, mengerjakan tugas pelan pelan, sengaja melakukan pekerjaan secara tidak efisien, selalu datang terlambat atau melakukan penundaan (procrastination).Seseorang dengan pasif agresif melakukan segala sesuatu untuk mencapai tujuannya dengan upaya yang sedikit tetapi seolah-olah telah bekerja keras.

Tindakan pasif agresif dikantor sering muncul bila tidak ada komunikasi yang terbuka antara atasan dengan bawahan.Bawahan seolah olah sudah melakukan segala sesuatunya dengan benar, namun dalam kenyataannya mereka melakukan sabotase atau pengkhianatan.

Pak Bagus tidak cocok dengan atasannya yang baru.Pemikirannya yang berbeda tidak pernah diungkapkannya kepada atasannya tersebut. Akhir akhir ini Pak Bagus sering membolos, bekerja asal asalan dan kadang malah tidur ketika sedang ada rapat besar di kantor.

Perilaku pasif  agresif juga terjadi dalam keluarga. Bila seorang suami berkata sesuatu kepada istrinya, namun melakukan hal yang sebaliknya, kemudian mengelak bahwa dia tidak pernah mengatakan hal tersebut sebelumnya, itu pertanda bahwa suami sedang berperilaku pasif agresif.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply