Penyebab kegagalan: perilaku ke-kanak kanakan atau tidak dewasa (1)

immaturitySaya kira kita semua tahu bahwa perilaku kekanak-kanakan akan membuat hidup kita tidak sukses.

Namun dalam kehidupan sehari-hari sering sekali saya temui peristiwa atau keadaan dimana orang dewasa tanpa sadar melakukan tindakan tindakan yang kekanak-kanakan atau berperilaku seperti anak kecil.

Pada orang dewasa, perilaku seperti anak kecil tidak akan muncul ketika semua berjalan lancar dan tidak ada masalah. Perilaku seperti anak kecil baru akan muncul ketika orang tersebut menghadapi suatu masalah yang membuatnya stress.

Beberapa contoh keadaan yang membuat seorang dewasa normal mengalami stress antara lain: dimarahi oleh atasan karena telah berbuat suatu kesalahan, ditagih debt collector karena menunggak hutang, menghadapi test penerimaan pegawai, belum punya uang untuk membayar uang sekolah anak atau uang kontrak rumah, konflik dengan istri, dan lain lain.

Pada orang dewasa dengan jiwa yang matang, ketika dimarahi oleh atasan karena berbuat salah, maka dia akan menerima teguran tersebut dan belajar agar dimasa yang akan datang tidak akan melakukan kesalahan yang sama atau bahkan berusaha agar bisa berprestasi lebih baik lagi.

Berikut ini beberapa jenis perilaku kekanak-kanakan atau tidak dewasa beserta contohnya:

  1. Acting out: Melakukan suatu tindakan tanpa dipikir panjang. Pada anak kecil, kita sering melihat anak yang menangis dan berguling guling ditanah karena permintaannya tidak dipenuhi. Tindakan tersebut disebut acting out. Bila hal tersebut dilakukan oleh anak kecil, tentunya masih bisa diterima. namun bila dilakukan oleh orang dewasa tentunya secara norma tidak dapat diterima.  Contoh acting out pada orang dewasa:  ketika dimarahi atasan langsung menangis atau marah marah. Yang bersangkutan tidak tahan mengalami stress karena dimarahi oleh atasan dan untuk mengurangi stress tersebut dia menangis (biasanya perempuan), mengambek atau marah dan mengajak berantem (pada laki laki). Contoh acting out yang lain: (a) ketika motor senggolan dengan kendaraan lain, tanpa banyak omong langsung main pukul, (b) main pukul ketika anak buah tidak melaksanakan tugasnya, (c) menangis ketika suami tidak mau membelikan baju baru.
  2. bersambung  

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply