Mekanisme pertahanan, pemakaian secara adaptif dan maladaptif (1)

denialMekanisme pertahanan jiwa (defense mechanism) dapat dipakai sebagai mekanisme pertahanan yang adaptif (sehingga hasilnya positif) tapi kadang dapat juga dipakai secara maladaptif (sehingga hasilnya kurang baik).

Berikut ini beberapa contoh pemakaian mekanisme pertahanan secara adaptif dan maladaptif.

Kompensasi, merupakan mekanisme pertahanan jiwa ketika seseorang mengetahui adanya kelemahan atau kekurangannya dan mencoba mengatasi kekurangan tersebut agar pikiran sadarnya (conscious mind) tidak menyadari kelemahan tersebut.

  • adaptif: seseorang yang pendek menjadi banyak bicara dan berhasil dalam bisnis.
  • maladaptif: seseorang minum alkohol untuk menghilangkan rasa kurang percaya dirinya.

Konversi, merupakan pertahanan jiwa dimana kecemasan diubah menjadi gejala jasmani tanpa adanya penyebab organik. Sering gejala yang muncul dimanfaatkan untuk mendapatkan perhatian atau mendapatkan maaf (excuse).

  • kurang adaptif: pejabat yang sakit perut karena kantornya diperiksa KPK.
  • maladaptif: suami yang menjadi buta ketika melihat istrinya selingkuh dengan lelaki lain.

Denial (menolak), menghindar dari pikiran, perasaan, keinginan, yang tidak mengenakkan dengan cara seolah hal tersebut tidak ada.

  • kurang adaptif: seorang yang ketika pertama kali mendengar berita kematian orang tuanya dengan berkata: “Saya tidak percaya, berita ngawur. Dokter bilang kalau ayah saya baik baik saja”
  • maladaptif:  seorang istri yang suaminya sudah meninggal 3 tahun yang lalu masih menimpan pakaian dan kadang mengajak bicara seolah masih hidup.

Displacement, mengalihkan emosi negatif terhadap seseorang, keadaan atau obyek  tertentu ke orang lain, situasi atau obyek lain yang kurang berbahaya.

  • kurang adaptif: pasien yang menyalahkan perawat karena keluarganya tidak ada yang menengok dirinya.
  • maladaptif: anak yang takut dengan orang tuanya mengalihkan ketakutannya tersebut dengan ketakutan terhadap binatang.

Bersambung

sumber: https://quizlet.com/26961051/adaptive-and-maladaptive-uses-of-defense-mechanisms-flash-cards/

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo 

Leave a Reply