Sisi lain dari kecemasan (anxiety) -1

anxiety-symptoms-cartoonKecemasan (anxiety) adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa khawatir yang cukup berat yang menimbulkan perubahan pada tubuh, seperti tekanan darah yang naik, otot otot tubuh yang tegang, berkeringat, pikiran yang kacau dan gelisah.

Anxiety merupakan suatu reaksi yang  muncul terhadap kejadian yang menekan jiwa (stressful). Bila anxiety muncul ketika kita membuat kesalahan dan kemudian dipanggil atasan, itu adalah suatu reaksi psikologis yang normal. Dengan menghadap atasan, mengakui kesalalahan, minta maaf, dan berjanji dengan sungguh sungguh untuk tidak akan mengulangi kesalahan yang sama, maka masalah selesai dan kecemasan akan hilang dengan sendirinya.

Pada sebagian orang, karena kelemahan dan ketidak matangan jiwanya, mereka tidak memilih cara penyelesaian diatas. Mereka sering memilih cara penyelesaian yang tidak optimal, seperti misalnya: mengalami sakit perut dan minta ijin pulang ke rumah, mencari-cari kesalahan atasan dan mengancamnya akan melaporkan ke KPK, menangis, menjelek-jelekkan atasan dan mencap sebagai pemimpin yang jelek, menjadi sangat sopan dan takut terhadap atasan meskipun didalam hatinya merasa benci. Dengan bersikap seperti itu, maka yang bersangkutan akan dapat mengalami kecemasan yang berkepanjangan.

Belajar dari contoh diatas, bila kita sampai mengalami suatu kecemasan yang berkepanjangan, artinya ada suatu masalah stressful yang tidak atau belum terselesaikan.

Masalah yang belum terselesaikan itu dapat berupa kejadian masa lalu yang menyakitkan atau trauma (misalnya: sering dihukum dengan keras oleh orang tua yang tidak sebanding dengan kesalahan, mengalami pelecehan seksual.

Bersambung

Sumber bacaan: http://tinybuddha.com/blog/the-gift-of-anxiety-7-ways-to-get-the-message-and-find-peace/

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo 

Leave a Reply