Berjuang di jalan Allah jangan tunggu pensiun-1

12039541_1141411062540426_4706083188764798750_nYang saya maksud sebagai berjuang di jalan Allah adalah didalam tulisan ini adalah  mengalokasikan sebagian dana, tenaga atau pikiran yang dalam jumlah cukup bermakna bagi kejayaan Islam. Kegiatan kongkritnya, misalnya: mendirikan dan mengelola rumah tahfidz, mendirikan dan mengelola panti asuhan, mendirikan dan mengelola klinik kesehatan bagi dhuafa, dan lain sebagainya.

Tidak mudah untuk menentukan usia terbaik bagi seseorang untuk mulai berjuang dijalan Allah. Ada sedikit orang yang siap terjun berjuang di jalan Allah (fisabilillah) sedari belia dan dia bisa sukses karena cita cita dan sekolahnya memang berada di arena fisabilillah.  Mereka yang belajar ilmu agama dan kemudian terjun di dunia dakwah, memang telah berada di jalan perjuangan sejak kecil.

Bagaimana dengan kita yang berada diluar arena perjuangan? Kapan sebaiknya kita mulai terjun di dunia fisabilillah? Sebagian besar orang di jaman ini terjun ke dunia fisabilillah ketika sudah mendekati atau memasuki usia pensiun.

Menurut saya usia terbaik untuk memulai pekerjaan besar ini adalah di usia 40 tahun !
Pasti bukan kebetulan ketika Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam diangkat menjadi Nabi pada usia 40 tahun. Juga bukan kebetulan pula bila ada ayat di Al-Qur’an yang memberi panduan do’a khusus ketika kita memasuki usia 40 tahun :

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri“”. (QS 46 :15)”

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply