Memperkuat ketahanan jiwa-7

13668025901197932444Tulisan ini merupakan kelanjutan artikel sebelumnya.

  • Gemar menolong orang lain. Anak anak dengan gangguan kepribadian maupun gangguan jiwa adalah anak yang egosentris, atau menjadikan dirinya sebagai pusat dari segalanya. Dengan belajar memahami kebutuhan dan perasaan orang lain serta berusaha untuk mengurangi penderitaan orang lain, maka sedikit demi sedikit sifat egosentrisnya akan berkurang. Anak akan terlatih untuk tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, namun memakai energy maupun kelebihan dirinya untuk membantu orang lain. Dengan gemar menolong orang lain dengan niat yang ikhlas, maka sifat sifat egosentris, bertingkah laku semaunya sendiri, akan sedikit demi sedikit terkikis.
  • Hanya bersandar kepada Tuhan. Salah satu kelemahan yang juga sering ditemui adalah ketergantungan berlebihan kepada orang orang didekatnya. Ketergantungan tersebut, bila tidak terpenuhi,┬ádapat menyebabkan timbulnya perasaan sebagai anak yang dibuang, ditolak, ditinggalkan, ditekan atau dipenjara. Dilain pihak, bila ketergantungan berlebihan tersebut selalu dipenuhi atau dituruti oleh orang orang dekatnya, maka anak tersebut dapat menjadi anak yang tergantung, tidak dapat mengambil keputusan sendiri, dan tidak dapat hidup mandiri. Dengan melatih anak tersebut hanya bersandar kepada Tuhan yang Maha Kuasa, maka anak akan dapat terbebas dari ketergantungan kepada orang lain. Dalam kaitan ini, anak anak perlu dilatih untuk mempunyai pemahaman yang benar tentang Tuhan, kaitan Tuhan dan mahluknya, tentang takdir, dll.
  • Belajar menjadi pemaaf. Dengan menjadi pemaaf, maka seorang anak akan terbebas dari beban akibat perasaan benci, dendam, marah kepada seseorang yang telah berbuat salah atau menyakitinya. Dengan menjadi pemaaf, maka seorang anak juga akan lebih mudah bergaul dan menjalin persahabatan.

Keempat sifat tersebut diatas: bersyukur, gemar menolong orang lain (compassion), pemaaf dan hanya bersandar kepada Tuhan hanya dapat diajarkan secara pelan pelan dan bertahap. Keempat sifat tersebut tidak dapat ditumbuhkan hanya melalui talk therapy atau diskusi. Anak anak perlu belajar dan mencoba menerapkan keempat sifat tersebut dalam kehidupannya sehari-hari.

semoga bermanfaat

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply