Memperkuat ketahanan jiwa-5

foto-kelakuan-anak-smu-zaman-sekarang-04Tulisan ini merupakan kelanjutan artikel sebelumnya

Secara garis besar, dari sisi kejiwaan, anak anak dapat dapat dikelompokkan kedalam 4 jenis anak:

  1. Anak yang rentan (vulnerable child), yaitu anak anak yang mempunyai satu atau lebih ciri ciri sebagai berikut: anak yang merasa kesepian, terisolasi, sedih, merasa tidak dimengerti oleh orang orang dekat disekitarnya, tidak mendapat dukungan, mempunyai banyak kekurangan, merasa tidak mendapat hak-haknya sebagai anak (kasih saying, perhatian, dll), ragu akan dirinya, merasa tidak berdaya, tidak mampu, tidak ada harapan, cemas, tidak disayang, tidak pantas untuk disayang, lemah, merasa kalah, diasingkan, pesimis, ditinggalkan, tidak mempunyai kekuatan, hidup tanpa tujuan.
  2. Anak yang marah (angry child), anak yang mempunyai ciri ciri sebagai berikut: merasa sangat marah, frustasi, tidak sabar karena kebutuhan fisik dan emosionalnya yang inti tidak dipenuhi.
  3. Anak yang impulsive, semaunya.Anak yang mempunyai ciri ciri sebagai berikut: Anak yang tidak dapat mengendalikan keinginan atau kemauannya untuk segera dituruti atau dipenuhi. Tidak dapat menunda pemenuhan keinginan atau kebutuhannya. Perilakunya egois, mementingkan diri sendiri, sering perilakunya secara tidak terkendali. Sering terlihat sebagai anak yang manja.
  4. Anak yang puas, bahagia. Anak anak dengan ciri ciri sebagai berikut: Anak yang merasa bahwa dirinya disayang keluarganya, merasa puas, mempunyai ikatan atau hubungan erat dengan keluarganya, diterima oleh orang disekitarnya, merasa mendapat perawatan/ bimbingan, merasa ada yang melindungi, percaya diri, merasa mandiri secara wajar, aman, terkendali, optimis, merasa dilibatkan, merasa dirinya cukup kuat.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply