Cara menemukan lentera jiwa-5

200309-omag-beck-passion-600x411Tulisan ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya

Salah satu topic yang menarik dalam kaitannya dengan passion (lentera jiwa) adalah bagaimana kalau lentera jiwa tidak dapat menghasilkan penghasilan untuk hidup.

Dalam dunia ini ada scenario A, dimana lentera jiwa tidak menghasilkan penghasilan yang mencukupi untuk hidup. Ini terjadi pada banyak seniman (pelukis, penyanyi, pemain film, dll). Penyanyi top atau pelukis top memang dapat menghasilkan uang yang banyak, tapi sebagian besar penyanyi (atau yang ingin menjadi penyanyi) tidak dapat hidup dari bernyanyi. Begitu pula dengan pelukis dan seniman lainnya.

Scenario B adalah kondisi dimana kita bekerja ditempat yang menghasilkan banyak uang, tetapi kita tidak menikmati pekerjaan tersebut. Kita merasa tersiksa atau tidak termotivasi untuk bekerja.

Scenario C adalah kita bekerja sesuai dengan lentera jiwa (passion) kita dan menghasilkan banyak uang. Tantangan bagi kita adalah bagaimana caranya agar lentera jiwa kita dapat menghasilkan banyak uang.

Berikut ini cara agar lentera jiwa kita dapat menghasilkan uang:

  • Jangan lihat orang biasa, belajar dari orang yang hebat. Disekitar kita banyak sekali orang yang punya passion, tapi tidak dapat hidup dari passion-nya tersebut. Jangan dibuat pesimis oleh mereka. Kita perlu belajar dari orang orang yang hebat yang dapat membuat passion mereka menghasilkan uang. Di bidang tulis menulis ada Paulo Coelho, dibidang bisnis ada Bill Gate, dan banyak yang lain.
  • Rahasia orang orang hebat. Orang orang hebat tersebut mempunyai ciri ciri atau karakteristik seperti pekerja keras, mau belajar meningkatkan kemampuannya, hidup hemat, dan berbagai ciri ciri hebat lainnya. Namun, kita tahu bahwa banyak orang yang sudah bekerja keras tetapi tetap miskin. Profesor yang punya banyak ilmu, tetapi hidup pas-pasan. Salah satu rahasia orang hebat yang tidak banyak dikaitkan dengan kehebatan maupun kesuksesanĀ mereka adalah bahwa banyak bersedekah dan menolong orang miskin. Paulo Coleho punya panti asuhan dan sekolah untuk orang miskin. Bill Gate setiap tahun menyumbang jutaan dollar. Banyak penguasaha besar yang punya yayasan social (misal: Sasakawa Foundation, Ford Foundation). Bila anda ingin menggabungkan antara passion dengan penghasilan, maka kuncinya adalah sedekahkan minimal 10% penghasilan atau 10% jam kerja anda untuk menolong orang miskin.

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply